Pemerintah Sudah Evakuasi 969 WNI dari Sudan, 33 Orang Diantaranya Masih di Luar Negeri

JagatBisnis.comPemerintah telah mengevakuasi sebanyak 969 warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan. Dari jumlah itu, sebagian besar sudah di pulangkan ke Tanah Air dan sebanyak 33 orang di antaranya masih berada di luar negeri.

“Di tengah berbagai kesulitan yang ada di Sudan, pemerintah telah berhasil mengevakuasi WNI dari Sudan. Per hari ini, Senin (8/5/2023), jumlah WNI yang telah dievakuasi sebanyak 969 orang,” kata Presiden Jokowi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) seperti yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/5/2023).

Jokowi menerangkan, sebanyak 936 WNI itu sudah pulang ke Indonesia. Sisanya, 33 WNI sudah berada di lokasi yang aman di luar Sudan. Maka, bisa dipastikan komitmen pemerintah dalam melindungi WNI dengan memperkuat perlindungan WNI di luar negeri.

Baca Juga :   Jumlah Pekerja Migran Ilegal Mencapai 446 Orang

“Ke depan perlindungan WNI akan terus kita tingkatkan dan kita perkuat,” tegasnya.

Baca Juga :   Pemerintah Indonesia Desak Myanmar Selamatkan Puluhan WNI Korban TPPO

Diketahui, konflik bersenjata di Sudan terjadi sejak 15 April 2023 antara militer Sudan (SAF) dan kelompok paramiliter Rapid Support Forces (RSF). Ketegangan dipicu upaya melebur RSF menjadi bagian dari militer Sudan. Pertempuran terjadi sebagian besar ibu kota Khartoum dan meluas ke wilayah sekitar. WHO melaporkan akibat konflik bersenjata di Sudan lebih dari 400 orang meninggal dunia, dan lebih dari 4.000 warga luka-luka. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO