Pemerintah Indonesia Desak Myanmar Selamatkan Puluhan WNI Korban TPPO

JagatBisnis.com – Pemerintah Indonesia mendesak otoritas Myanmar mengambil langkah efektif untuk menyelamatkan pekerja migran Indonesia yang diduga merupakan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Desakan tersebut disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)Judha Nugraha, di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

“Kami, KBRI Yangon, dan KBRI Bangkok telah menindaklanjuti permintaan perlindungan terhadap para WNI yang menjadi korban perusahaan online scam di Myanmar,” ungkap Judha.

Menurut dia, berbagai langkah perlindungan lain juga telah dilakukan pemerintah Indonesia antara lain mengirim nota diplomatik kepada Kemlu Myanmar, berkoordinasi dengan otoritas setempat, serta bekerja sama dengan lembaga internasional seperti Organisasi Internasional untuk Migras (IOM) dan Regional Support Office Bali Process di Bangkok.

Baca Juga :   WN Suriah Merasa Tak Langgar Aturan Meski Punya KTP WNI

“Tantangan perlindungan WNI dalam kasus ini cukup tinggi, karena mayoritas WNI berada di Myawaddy, yang merupakan lokasi konflik bersenjata antara militer Myanmar dan kelompok pemberontak,” terangnya.

Baca Juga :   Kemendagri-KBRI Tokyo Buka Layanan kependudukan Bagi WNI di Jepang

Dia mengaku, pihaknya akan terus mengupayakan berbagai langkah perlindungan WNI, termasuk meminta otoritas Myanmar memetapakn jejaring di Myawaddy melalui kerja sama dengan berbagai lembaga pemerhati online scam.

Baca Juga :   Ada 138 WNI di Ukraina, Dipastikan dalam Kondisi Aman

“Pendekatan formal dan informal terus dilakukan. Selain itu, kami juga telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk menindak para pelaku,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO