BRI Gairahkan UMKM untuk Naik Kelas Dengan Digitalisasi

JagatBisnis.comPT Bank Rakyat Indonesi (Persero) Tbk atau BRI terus mendorong agar berbagai pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjadi nasabahnya menjadi lebih meningkat atau naik kelas. Salah satunya, BRI Cabang Kramat Jati yang membina ratusan ribu nasabah UMKM siap menggairahkan transaksi bisnis secara digital.

Kepala BRI Cabang Kramat Jati, Asep Suhendra mengatakan, penggunaan teknologi digitalisasi dalam berbagai transaksi bisnis UMKM memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan. Di antaranya, penggunaan QRIS untuk pembayaran dan platform daring Pasar.id.

“Terkait dengan digitalisasi banyak keuntungannya. Dengan QRIS, memudahkan bertransaksi, tidak perlu melakukan pengembalian dan tidak dapat uang palsu,” kata Asep, dikutip Minggu (7/5/2023).

Baca Juga :   Nilai Restrukturisasi Kredit Covid-19 BRI Tinggal Rp138,57 Triliun

Dia menjelaskan, melalui digitalisasi pihaknya mengenalkan nasabah UMKM dengan Pasar.id, semacam market place untuk perdagangan virtual. Pasar.id merupakan terobosan BRI dalam digitalisasi perdagangan pasar tradisional, dengan memfasilitasi seluruh pedagang pasar di Indonesia melakukan aktivitas jual beli secara daring.

Baca Juga :   Hingga Februari, BRI Kantongi Fee Based Income Rp231 Miliar dari Agen BRILink

“Kami mengenalkan nasabah UMKM semacam market place, yaitu pasar id untuk memperluas pasar. Tadinya transaksi di pasar offline harus ketemu, sekarang pembelian bisa dilakukan secara online dan bisa semakin dikenal,” ujar Asep.

Sementara itu, Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Kramat Jati Muhammad Yamin menambahkan, tidak ada hambatan berarti bagi pelaku UMKM dalam transformasi digitalisasi. Bahkan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para nasabah UMKM dengan transaksi secara digital.

Baca Juga :   BRI Jadi Program Public Relation Terbaik di ASEAN

“Masyarakat sekarang sudah melek teknologi, pedagang menengah ke bawah mengerti market place dan bagaimana menjual secara online atau digital marketing. Untuk mempermudah dan memfasilitasi UMKM, petugas mantri kami (dari BRI) juga siap membantu. Kami ingin semua nasabah UMKM kami naik kelas,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO