44 Ribu Pemudik Tiba di Jakarta Naik KA

JagatBisnis.comSebanyak 44 ribu penumpang tiba di Jakarta menggunakan kereta api (KA), Senin (1/5/2023). Jumlah itu merupakan angka tertinggi selama arus balik Lebaran 2023. Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah penumpang pada Senin (1/5/2023) mengalami peningkatan secara drastis untuk volume penumpang turun. Jumlah tersebut paling tinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak 24 April lalu.

“Jumlah tersebut adalah 17 ribu penumpang turun di Stasiun Pasar Senen dan 15.500 penumpang turun di Stasiun Gambir. Kemudian sebanyak 4.400 penumpang lainnya turun di Stasiun Bekasi, 4.300 penumpang di Stasiun Jatinegara, dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek,” kata Eva.

Baca Juga :   23 Persen Warga Tinggalkan Jakarta Jelang Nataru

Eva menjelaskan, jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 2 Mei 2023 dengan rata-rata penumpang mencapai angka sekitar 43 ribu per hari.

Baca Juga :   23 Persen Warga Tinggalkan Jakarta Jelang Nataru

“Untuk itu, kami melakukan sejumlah persiapan pada arus balik. Di antaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang. Hal itu diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakkan barangnya pada area tertentu yang dapat mengganggu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah petugas costumer service mobile (CSM) untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Selain itu” petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun

Baca Juga :   Syarat Booster, Bukan Untuk Hambat Pemudik

“Dari sisi keamanan dan keselamatan kami bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan Lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider rumah sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO