BNN Kerahkan Anjing Pelacak dan Tes Urine Sopir, Jamin Keselamatan Pemudik

JagatBisnis.com – Dua ekor anjing pelacak dari Unit K-9 Badan Narkotika Nasional (BNN) RI melakukan penyisiran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (18/4/2023). Penyesiran dilakukan untuk mencegah adanya pengiriman narkoba saat arus mudik Lebaran 1444 Hijriah. Satu per satu barang bawaan penumpang yang sedang menunggu di area keberangkatan hingga bagasi bus Terminal Kampung Rambutan diendus dua anjing pelacak dari Unit K-9 BNN.

Baca Juga :   Mulai 18 April, Volume Kendaraan di Cileunyi-Nagreg Diprediksi akan Meningkat

“Dari hasil penelusuran pada barang bawaan penumpang di area keberangkatan dan bagasi bus AKAP tidak ditemukan adanya narkoba,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol BNN Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono.

Dia menjelaskan, dua anjing pelacak tersebut dikerahkan untuk memastikan tidak ada penumpang dan awak bus yang membawa barang.
Karena para bandar narkoba selalu menggunakan berbagai cara untuk melakukan pengiriman barang terlarang, termasuk saat mudik ketika petugas sibuk mengamankan lalu lintas.

Baca Juga :   Mudik Beli Tiket Kapal Laut Melalui Online Di Pelabuhan Tidak Dijual Di Loket

“Pelacakan itu tidak hanya dilakukan di Terminal Kampung Rambutan saja, melainkan Terminal Lebak Bulus, Terminal Terpadu Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap, awak bus di terminal, awak pesawat seperti pilot di bandara, ABK kapal di pelabuhan. Pemeriksaan ini untuk memastikan tidak ada awak bus, ABK kapal dan awak pesawat yang menggunakan narkoba saat bertugas mengangkut penumpang pada arus mudik Lebaran.

Baca Juga :   BNPB Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Bencana saat Mudik Lebaran

“Tes urine kami lakukan secara acak dan bila ada informasi awak kendaraan mudik menggunakan narkoba kami lakukan pengecekan. Tes urine dilakukan terus menerus,” pungkas Pudjo. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO