Fasilitas Mudik Harus Ramah untuk Ibu Menyusui dan Anak

Fasilitas mudik yang nyaman untuk ibu menyusui dan anak Foto: Liputan6.com

JagatBisnis.comJelang Hari Raya Idulfitri 1444 H, sebagian besar masyarakat akan melakukan perjalanan mudik baik menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengingatkan penyedia angkutan mudik lebaran untuk menyediakan fasilitas bagi ibu yang menyusui dan anak.

Ia berpesan, para penyedia jasa transportasi umum untuk menyiapkan ruang khusus di bus, travel, kereta api, dan lainnya, yang dapat memberikan kesempatan kepada ibu-ibu untuk menyusui anaknya. Selain itu, sambung dia, lampu yang memadai dan tempat duduk yang meminimalisasi kemungkinan terjadinya pelecehan seksual, juga perlu tersedia.

“Untuk keamanan dan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi umum, saya juga menghimbau agar masyarakat, khususnya orangtua untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dirinya dan anaknya agar terhindar dari modus-modus kejahatan, kekerasan, khususnya kekerasan seksual, penculikan dan lainnya. Jangan pernah melepaskan pengawasan terhadap anak-anak kita. Ajarkan anak-anak agar berhati-hati dengan tawaran makanan, minuman, atau mainan dari orang yang tidak dikenal. Selain itu, alangkah baiknya jika membekali anak dengan tanda pengenal di kantong celana atau bajunya untuk mengantisipasi anak terpisah dari ayah dan ibu di tempat keramaian,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (14/3/2023).

Baca Juga :   Prediksi Padatnya Tol Trans Jawa Saat Mudik

Bintang juga mengatakan, masyarakat harus lebih selektif dalam memilih kendaraan yang aman dan nyaman, dan orangtua diharapkan dapat memanfaatkan transportasi mudik gratis yang di fasilitasi oleh Kementerian/Lembaga, perusahaan atau lembaga swasta dari pada mengendarai motor dan berboncengan dengan anak dan keluarga, untuk dapat mengurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga :   BNPB Siapkan Strategi Antisipasi Dampak Bencana saat Mudik Lebaran

“Saya juga mengimbau agar tidak membawa anak-anak yang masih bayi atau balita ketika menjalani mudik dalam perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena dikhawatirkan dapat melelahkan dan berisiko bagi kesehatan anak-anak kita. Selamat dan aman sampai kampung halaman adalah tujuan dari perjalanan mudik lebaran,” imbuhnya

Baca Juga :   Kendaraan Tonase Berat Dilarang Lewat Jalur Mudik, Pekan Depan

Menanggapi itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan transportasi yang cepat, mudah diakses, aman, nyaman dan terjangkau, bagi kelompok rentan yakni: kelompok disabilitas, lanjut usia, anak-anak dan ibu hamil.

“Kami terus mendorong seluruh operator sarana dan prasarana transportasi untuk menyediakan fasilitas dan petugas yang responsif dalam memberikan pelayanan terhadap kelompok rentan di masa mudik lebaran tahun ini. Pelayanan transportasi yang aman dan nyaman adalah hak seluruh masyarakat, termasuk pengguna jasa yang memiliki keterbatasan secara fisik berhak pula mendapatkan pelayanan yang setara” ucapnya. (tia)

MIXADVERT JASAPRO