20 April Penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H

JagatBisnis.com – Hari Raya Idul Fitri yang akan kita jelang hanya tinggal beberapa Minggu lagi, saat ini semua pemangku Kebijakan di Pemerintahan sudah melakukan persiapan termasuk Organisasi Keagamaan juga sudah mempersiapkan diri untuk sama-sama duduk dan akan mengambil suatu keputusan yaitu penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Kementerian Agama (Agama) mengumumkan tanggal dilaksanakannya sidang isbat untuk penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Sidang Isbat akan digelar pada 29 Ramadhan, atau 20 April 2023 mendatang.

Hal ini diumumkan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya. Ia memastikan sidang isbat akan digelar pada tanggal tersebut.

Baca Juga :   1 Mei, Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2022 Digelar

“InsyaAllah (sidang isbat) tanggal 29 Ramadan/20 April 2023,” kata Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya pada Selasa, 11 April 2023.

Kamaruddin menjelaskan ada kemungkinan tahun ini jadwal Idul Fitri 1 Syawal 1444 H mengalami perbedaan. Meskipun demikian, ia meminta agar semua pihak menunggu hasil sidang isbat untuk memutuskan kapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H berlangsung.

Baca Juga :   1 Mei, Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2022 Digelar

Untuk informasi tambahan, sidang isbat digunakan untuk menentukan awal Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. Sidang isbat akan dilakukan berdasarkan hasil pemantauan hilal yang dilakukan di sejumlah daerah.

Setelah pemantauan hilal dilakukan, barulah pemerintah bisa melakukan sidang isbat. Sidang Isbat biasanya akan dihadiri oleh berbagai pihak.

Untuk tahun ini, sidang isbat penentuan 1 syawal 1444 H akan dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat, komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, dan Majelis Ulama Indonesi (MUI). Selain itu sidang isbat juga akan dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Islam.
Sama seperti sebelumnya (sidang isbat dihadiri sejumlah pihak),” ucap Kamaruddin.

Baca Juga :   1 Mei, Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 2022 Digelar

Perlu diketahui bahwa Muhammadiyah sudah menentukan kapan jatuhnya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H tanpa adanya sidang isbat.

Muhammadiyah akan Lebaran dan menutup akhir bulan Ramadhan pada 21 April 2023 mendatang. (den)

MIXADVERT JASAPRO