Tol Cisumdawu Siap Dilintasi 15 April Ini

JagatBisnis.comKabar Gembira para pemudik asal Cirebon dan Sumedang serta sekitarnya yang akan kembali ke kotanya masing-masing sekarang sudah bisa menggunakan tol Cisumdawu yang menghubungkan kota Bandung dengan Cirebon, Sumedang, Majalengka dan sekitarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan dibuka secara fungsional pada 15 April 2023 mendatang guna mendukung mudik Lebaran tahun ini. Dengan begitu, pemudik yang mengarah ke Cirebon dari Bandung bisa full menggunakan Tol Cisumdawu.

“Tol Cisumdawu ini legendaris karena baru akan selesai nanti pertengahan tahun. Tetapi 15 April ini kita tembus dari Cileunyi sampai Cipali,” ungkap Basuki di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga :   Tol Cisumdawu Seksi II Batal Digunakan Mudik Lebaran 2022

Basuki menambahkan nantinya tol ini akan tersambung penuh sepanjang 95,7 km. Sehingga nantinya untuk perjalanan mudik dari tol Cipali bisa langsung menerus hingga kawasan Cileunyi hingga Dawuan.

Sehingga tembus Bandung-Cirebon. Semoga dapat membantu Korlantas untuk mengatur pemudik dari Jawa Barat menuju ke Jawa Tengah,” sebutnya.

Untuk operasional Tol Cisumdawu, Basuki menyerahkan kepada Korlantas Polri. Dia berharap adanya beberapa ruas Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional bisa menekan kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Baca Juga :   Tol Cisumdawu Seksi II Batal Digunakan Mudik Lebaran 2022

“Sadang-Kutanegara insyaallah bisa dipakai secara fungsional. Tol Cisumdawu pemakaian dilakukan sesuai kebijakan di lapangan seperti one way dari Bandung menuju Cirebon dan arus balik dari Cirebon ke Bandung,” sebut Basuki.

Melansir Keterangan Badan Pengatur Jalan Tol, pekerjaan konstruksi jalan utama pada seksi 4 – 6 ditargetkan selesai bulan ini, kecuali pada lokasi yang perlu perhatian khusus yakni pada Seksi 5A di Sta 40 + 200 dan Sta 45 + 050 serta seksi 5B Sta 51+000.

Baca Juga :   Tol Cisumdawu Seksi II Batal Digunakan Mudik Lebaran 2022

Untuk diketahui tol Cisumdawu yang dibuka secara fungsional berada pada seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 km), seksi 5 Legok – Ujungjaya (14,9 km) dan seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan termasuk Junction Dawuan (6 km).

Sedangkan sebelumnya seksi 1 – 3 sudah beroperasi sebagian yakni dari seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 km), seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 km), dan seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 km) sejak Desember 2022.

MIXADVERT JASAPRO