BUMN Ubah Depo Pertamina Plumpang Jadi Pabrik Oli

JagatBisnis.com – Kementerian BUMN akan mengubah Depo Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara menjadi pabrik lubricant. Salah satu produknya, berupa pelumas. Lubricant dianggap jauh lebih aman.

“Karena lubrikan tidak memerlukan pipa penyalur, seperti BBM. Selain itu, sifat pelumas juga tidak mudah terbakar jika terkena percikan api. Jadi, Ekosistem untuk lubricant bisa dikembangkan,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir, Sabtu (11/3/2023).

Erick menjelaskan, rencana konversi ini akan segera dibahas bersama Komisi VI DPR RI. Pertamina pun dijadwalkan akan bertemu dengan lembaga legislatif dalam waktu dekat ini.

Baca Juga :   BRI Resmi Menjadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

“Semua mesti ada hitungan bisnisnya, makanya Komisi VI akan memanggil Direksi Pertamina untuk memaparkan ini. Jadi, jangan debat kusir yang tidak penting. Karena pesan Presiden keselamatan rakyat harus diprioritaskan,” terangnya.

Baca Juga :   Terdakwa: Kementrian BUMN Harusnya Ikut Diperiksa dalam Korupsi Jiwasraya

Menurutnya, hingga 2024, Depo Pertamina Plumpang masih akan terus beroperasi. Proses ini tetap berjalan hingga nantinya direlokasi ke tanah milik PT Pelindo (Persero). Karena persiapan lokasi baru akan dibangun.

Baca Juga :   Damri Siapkan 105 Bus untuk Mudik Gratis Lebaran 2022

“Kalau pemindahan itu perlu waktu, Pelindo harus bikin tanahnya dulu. Kemungkinan baru 2024,” urai Erick. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO