Ini 4 Penyakit yang Paling Besar Sedot Biaya BPJS

JagatBisnis.com –  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/ Bappenas) Suharso Monoarfa mengungkapkan, ada 4 jenis penyakit mematikan yang banyak menyedot dana BPJS Kesehatan. Diantaranya penyakit jantung, kanker, stroke dan gagal ginjal.

“Ada 4 penyakit dengan beban pembiayaan BPJS yang terbesar, yaitu jantung Rp10,3 triliun, kanker Rp3,5 triliun, stroke Rp2,5 triliun, dan gagal ginjal Rp2,3 triliun,” kata Suharso dalam keterangannya yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Senin (6/3/2023).

Dia menjelaskan, ada peningkatan penyerapan anggaran dari ke 4 jenis penyakit tersebut meskipun jumlah kasusnya tidak terlalu tinggi. Kanker jadi penyakit yang banyak diidap perempuan. Maka, pihaknya mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membeli Mammografi, yang jadi salah satu cara deteksi dini kanker payudara.

Baca Juga :   RS Swasta Usul Tarif Rawat Inap BPJS Kesehatan Rp150 Ribu

“Salah satu program, misalnya yang diusulkan Bappenas ke Kemenkes, disepakati Kemenkes yaitu membelikan alat Mammografi sehingga ibu-ibu di seluruh Indonesia bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan yang lebih awal,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO