Jelang Lebaran, Pemerintah Akan Berikan Bansos Sembako

JagatBisnis.com-Pemerintah akan memberikan bantuan sosial (bansos), berupa beras dan bahan pokok lainnya pada Maret 2023. Pemberian bansos sembako dilakukan untuk mengendalikan inflasi dan harga pangan jelang hari besar keagamaan nasional (HBKN), seperti Lebaran.

“Pemerintah telah memutuskan untuk memberikan bantuan beras, telur, dan ayam selama 3 bulan, yakni di bulan Maret, April, dan Mei 2023 bagi desil yang mendapatkan program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non-tunai,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, dalam Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023, Minggu (5/3/2023).

Airlangga menjelaskan, saat ini pemerintah sedang mengatur regulasinya dan akan melakukan pendataan survei kemiskinan di bulan Maret. Hal itu dilakukan untuk menahan inflasi dan mencegah terjadinya peningkatan kemiskinan.

Baca Juga :   Hore, Bansos Rp300 Ribu Sudah Cair

“Program ini merupakan satu dari enam program yang direncanakan pemerintah dalam upaya pengendalian harga menjelang HBKN. Program pertama adalah melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok, khususnya beras, minyak goreng, aneka cabai, aneka bawang, daging dan telur ayam ras, daging sapi, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Bansos Segera Cair, Berikut Daftarnya

Program kedua, lanjut dia, adalah mengoptimalkan pelaksanaan operasi pasar murah untuk komoditas pangan strategis, maupun stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) untuk memastikan keterjangkauan harga, dengan melibatkan stakeholders serta berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog.

Baca Juga :   Gubernur DIY Pastikan Pasokan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Lebaran

“Selain itu, kami juga memastikan alokasi anggaran subsidi ongkos angkut melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Pemerintah daerah bisa menggunakan biaya tak terduga untuk memberikan subsidi ini,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO