Gubernur DIY Pastikan Pasokan Kebutuhan Pokok Aman Jelang Lebaran

JagatBisnis.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) memastikan pasokan kebutuhan pokok akan terus dijaga saat Idul Fitri. Menurutnya, 9 kebutuhan pokok tetap harus selalu ada.

“Pasokan kita jaga. Selama ini kan TPID selalu menjaga pasokan itu. Jadi di tempat lain ada kelangkaan kita kan tidak,” kata Sultan di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (21/4).

Sultan mengatakan bahwa kelangkaan minyak goreng di Indonesia beberapa waktu lalu akan menimbulkan inflasi. Maka dari itu, dinas terkait melakukan antisipasi agar tingkat inflasi serendah mungkin.

Baca Juga :   10.000 Paket Bansos Kemensos untuk Jurnalis

“Makanya relatif teman-teman dinas sama kanwil yang terkait seperti Pertamina, Bulog dan sebagainya bagian dari TPID untuk memang menjaga betul tingkat inflasi serendah mungkin. Karena itu daya beli masyarakat menurun,” katanya.

Baca Juga :   Bahan Pokok Sembako Bakal Kena Pajak, Para Pedagang Protes

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi juga memastikan bahwa persediaan kebutuhan pokok di Kota Yogya aman. Pihaknya juga masih terus melakukan operasi pasar untuk minyak goreng.

“Begitu ada kiriman kita operasi pasar ke kemantren (kecamatan) dan kelurahan. Kebutuhan rumah tangga, UMKM masih terpenuhi,” ujarnya.

Baca Juga :   Jelang Ramadan, Harga Sejumlah Komoditas di Gunungkidul Naik

Demikian pula untuk kebutuhan pokok lain seperti daging, telur, dan segala macam masih aman.

“Ketersediaan stok tidak ada masalah, daging, telur dan segala macam. Ada beberapa harga yang meningkat tapi ini semoga tidak ekstrem meningkatnya, semoga masih normal. Tapi tidak ada persoalan stok,” kata dia.(pia)