Kementan Fasilitasi Ekspor Perdana Crab Cakes ke AS

JagatBisnis.com –  Kementerian Pertanian (Kementan) memfasilitasi pengiriman Crab Cake untuk pertama kalinya masuk ke pasar ekspor Amerika Serikat (AS). Adapun yang difasilitasi, berupa tindakan karantina guna memastikan pemenuhan persyaratan teknis negara tujuan. Misalnya, Sertifikat Ekspor Karantina atau Health Certificate pada komoditas olahan Crab Cake.

“Dengan adanya komoditas ekspor baru ini, tentunya kita berharap tidak hanya saat ini saja diekspor akan tetapi ada keberlangsungan untuk selanjutnya. Tidak hanya hanya diekspor ke AS , tapi ke negara negara maju lainnya,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Lenny Harahap, Sabtu (25/2/2023).

Lenny menjelaskan, komoditas milik PT TSI ini juga baru pertama kalinya masuk pasar global. Dengan tonase sebanyak 68 kg bernilai ekonomi Rp20 juta ini menjadi pembuka dan dapat terus berkelanjutan. Untuk itu, pihaknya terus berupaya memfasilitasi kemudahan layanan ekspor bagi para pelaku usaha agar komoditas pertanian daerah Sumut bisa memenuhi persyaratan standar yang ditetapkan.

Baca Juga :   Hati-hati! Harga Daging Sapi Bakal Melonjok Lagi

“Hal itu untuk menjamin kesehatan produk pertanian kita bebas dari hama penyakit hewan dan tumbuhan,” ungkap Lenny.

Baca Juga :   Produktivitas Lahan Food Estate Terus Dipacu

Menurut dia, ekspor Crab Cakes telah menambah ragam komoditas baru dari Karantina Pertanian Belawan. Produk ini sangat unik, karena berbahan dasar dari hasil laut dan di campur dengan bahan telur yang berfungsi sebagai sebagai perekat.

Baca Juga :   Tinjau Produksi Tahu-Tempe, Mentan Tetapkan Harga Kedelai Impor

“Sementara, telur yang digunakan adalah telur dengan kualitas baik dan kebersihan proses pembuatannya juga terjamin. Apalagi, sebelum di ekspor produk telah di uji di laboratorium dan telah memenuhi persyaratan ekspor negara tujuan. Bahkan, bentuknya sudah bulat pipih sesuai dengan permintaan,”tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO