Kemenkeu Gelontorkan Rp3,9 Triliun untuk JKN

Menteri Keuagan Sri Mulyani

JagatBisnis.com –   Manfaat pajak salah satunya telah digelontorkan untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Karena dari APBN#UangKita sebesar Rp3,9 triliun. Dari dana itu telah membantu 96,7 juta masyarakat yang membutuhkan untuk mendapatkan fasilitas JKN. Sementara itu, keseluruhan realisasi anggaran kesehatan per Januari 2023 mencapai Rp5,3 triliun.

Baca Juga :   Rencana Kenaikan PPN Bukan Kebijakan yang Tepat

“Ini salah satu manfaat dari pajak yang Anda bayarkan… fasilitas kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti bpjskesehatan_ri,” tulis Menteri Keuagan Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati, dikutip Kamis (23/2/2023).

Dia menjelaskan. pada 2022, golongan masyarakat yang membutuhkan bantuan ini mendominasi akses pelayanan faskes. Total ada 236,9 juta kunjungan dari kelompok masyarakat ini. Sementara tahun 2021 jumlahnya mencapai 67,6 juta kunjungan. Artinya, tren penerima jasa kesehatan melalui APBN terus menunjukkan peningkatan.

Baca Juga :   Sri Mulyani Sediakan Insentif Industri buat Pengolahan Bauksit

“Pemerintah akan terus melakukan perbaikan regulasi dan proses bisnis dari fasilitas JKN agar APBN dapat berperan secara optimal bagi perlindungan masyarakat yang lebih membutuhkan,” tutup Sri. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO