Pemkot Padang Bangun Ulang Rumah Bersejarah Bung Karno setelah Dihancurkan hingga Rata dengan Tanah

JagatBisnis.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Padang bakal membangun ulang rumah bersejarah Bung Karno yang kini telah dihancurkan hingga rata dengan tanah. Rumah singgah Bung Karno terletak di Jalan Ahmad Yani No.12 Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat itu tercatat sebagai cagar budaya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova menjelaskan rumah itu juga menjadi saksi bisu bagi Bung Karno atau Presiden Soekarno untuk memulai kembali perjuangan kemerdekaan yang lama ia tinggalkan lantaran ditahan.

“Pemerintah, pada dasarnya sangat menyayangkan peruntuhan salah cagar budaya yang bernilai sejarah tersebut. Pembangunan menjadi langkah yang tepat untuk diambil demi menjaga nilai-nilainya tetap hidup di tengah masyarakat. Makanya, Pemda berusaha untuk menjaga cagar budaya itu tetap ada dan melakukan revitalisasi,” katanya, Minggu (19/2/2023).

Baca Juga :   Densus 88 Gelar Operasi Senyap, Geledah 1 Rumah Teroris

Dia mengungkapkan, untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemilik rumah. Karena pihaknya sudah turun dan bertemu dengan pemiliknya agar bersedia kembali untuk membangunnya. Selain dibangun, pemerintah juga akan memperkuat kisah sejarah yang pernah terjadi di rumah itu.

Baca Juga :   Rumah Pembunuh Bocah di Makassar Digeruduk, Dilempari dan Dihancurkan Massa

“Selain itu kita bakal mengedukasi masyarakat bahwa cagar budaya harus dijaga. Ke depan kita akan carikan solusinya terkait pembangunan rumah cagar budaya ini. Agar tidak kecolongan, Pemkot akan melakukan pengawasan cagar budaya yang ada di ibu kota Sumbar tersebut,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO