Asap Rokok yang Menempel di Baju Bisa Sebabkan Anak Alami Pneumonia hingga Kanker

JagatBisnis.com –  Asap rokok yang menempel di baju bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak. Tak tanggung-tanggung, kebiasaan ini bisa menyebabkan pneumonia hingga kanker. Maka, untuk kesehatan bersama masyarakat disarankan khususnya para orang tua yang memiliki anak untuk berhenti merokok.

Dokter Spesialis Paru dr Agus Dwi Susanto mengatakan, asap rokok bisa membahayakan yang tidak merokok. Sebab, asap akan menempel di lingkungan, seperti baju, sofa, tirai, hingga dinding.

“Kasus seperti ini disebut third hand smoke. Kandungan pada asap rokok yang menempel di tempat-tempat itu masih dapat terhirup oleh orang sekitar, meski si perokok sudah pergi dari tempatnya merokok,” katanya, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga :   Rutin Berolahraga Bikin Jantung Sehat

Dia mengungkapkan, asap rokok, mengandung nikotin yang bisa terhirup oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius hingga menyebabkan kematian.

Baca Juga :   Perlukah Anak Sekolah yang Mulai PTMT Diberi Vitamin Setiap Hari?

“Kandungan nikotin dan bahan-bahan berbahaya di asap rokok dapat dihirup orang sekitar, termasuk anak. Hal ini dapat menjadi faktor risiko masalah kesehatan, seperti infeksi saluran napas atau pneumonia hingga kanker,” ungkap dr Agus.

Parahnya, lanjut dia, asap rokok yang menempel di sejumlah barang atau tempat baru bisa hilang setelah berbulan-bulan. Sementara pada baju, asap rokok bisa hilang dengan dicuci bersih.

Baca Juga :   Belajar dari Pandemi COVID-19, Ketersediaan Farmasi Harus Diutamakan

“Misal pada ruangan tempat biasa merokok, itu kandungan rokoknya bisa hilang berbulan-bulan. Kalau pada baju, mungkin bisa hilang dengan dicuci bersih. Maka, setelah pulang kerja jangan langsung peluk anak karena baju yang dipakai dari luar membawa partikel yang mungkin berbahaya ke anak, terlebih jika ayahnya merokok,” paparnya. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO