Rutin Berolahraga Bikin Jantung Sehat

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

JagatBisnis.com – Pandemi COVID-19 tak bisa menjadi alasan untuk malas berolahraga. Sebab, olahraga menjadi salah satu cara meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan mental untuk tidak mengakibatkan stres selama pandemi.

Selain itu, dengan melakukan aktivitas olahraga, Anda juga dapat memperkuat otot yang berdampak pada kesehatan jantung.

Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness, Herbalife Nutrition Samantha Clayton mengatakan, menurut Laporan U.S. Surgeon General’s Report on Physical Activity and Health, orang yang tidak aktif/kurang beraktivitas fisik, memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung hampir dua kali lipat dibanding mereka yang lebih aktif.

“Selama pandemi ini akan banyak waktu untuk melakukan olahraga. Bisa dengan berjalan, berlari, bersepeda, menari, berenang, atau aktivitas apa saja yang dapat memperkuat gerak detak jantung Anda. Semua itu dapat berdampak positif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan Anda sekarang dan di masa mendatang,” jelas Samantha.

Baca Juga :   Cara Mudah Menenangkan Pikiran agar Tidak Stres

Fakta tersebut menunjukkan betapa pentingnya olahraga untuk mencegah penyakit kardiovaskular. The American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa setidaknya melakukan aktivitas olahraga intensitas sedang selama 150 menit per minggu, atau aktivitas olahraga yang berat selama 75 menit per minggu, atau kombinasi keduanya, untuk memberikan manfaat kepada kesehatan jantung.

Berikut 5 manfaat rutin berolahraga untuk kesehatan jantung, dikutip dari keterangan pers Herbalife, Minggu, 28 Februari 2021.

1. Menurunkan tekanan darah

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), olahraga adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Ini melibatkan gerakan berulang sesuai ritme dan menggunakan kelompok otot besar, seperti yang ada di kaki, bahu, dan lengan Anda. Anda dapat mecoba berenang, jalan, lari, atau senam.

Baca Juga :   Sapharma Luncurkan Suplemen Herbal untuk Tingkatkan Vitalitas

2. Latihan meningkatkan oksigenasi

Olahraga dapat memperkuat otot, sehingga meningkatkan kemampuannya untuk menarik oksigen dari darah untuk bersirkulasi. Dengan cara ini, jantung bekerja lebih efisien untuk memompa darah ke otot.

3. Menjaga berat badan

Dengan olahraga dapat membakar kalori. Latihan aerobik menciptakan defisit energi, sedangkan latihan ketahanan meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Ini, dikombinasikan dengan diet seimbang, akan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan kadar kolesterol yang optimal.

Baca Juga :   57 Persen Warga Alami Masalah Gigi dan Mulut saat Pandemi

4. Mengurangi stres

Terus-menerus tegang karena stres dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Berolahraga meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri, sehingga dapat membantu mengelola stres.

5. Meningkatkan kolesterol HDL

High-density lipoprotein (HDL), juga dikenal sebagai kolesterol yang baik, membantu membersihkan peredaran darah dari kolesterol berlebih. Kolesterol berlebih itu akan dibawa ke hati untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Jepang menemukan bahwa berolahraga setidaknya tiga hingga empat kali seminggu selama setidaknya 20 menit meningkatkan kadar HDL. (ser)

MIXADVERT JASAPRO