Ini Penjelasan BMKG Terkait Tectonic Escape, Gempa Mematikan di Turki

JagatBisnis.com –  Gempa bumi mematikan di Turki dengan magnitudo (M)7,8 merupakan akibat fenomena tectonic escape. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan tentang tectonic escape tersebut.

Menurut BMKG, gambaran geologi dan tektonik yang menjadi sumber gempa di Turki memiliki dua sumber gempa utama, yaitu Sesar Anatolia Utara dan Sesar Anatolia Timur. Dua sumber gempa itu merupakan generator gempa dahsyat di daratan Turki,

“Dari catatan sejarah kegempaan Turki, gempa-gempa kuat dengan magnitudo di atas M7,0 seringkali terjadi di sepanjang jalur sesar aktif tersebut,” katanya BMKG lewat akun media sosial resminya, dikutip Kamis (9/2/2023).

Baca Juga :   Jakarta Bakal Hujan Ringan Pada Siang Hari

Dia menjelaskan, untuk Sesar Anatolia Timur yang menjadi pemicu gempa merusak M7,8 saat ini lokasinya berada di persimpangan 3 Lempeng aktif yakni Lempeng Anatolia, Lempeng Arab, dan Lempeng Afrika. Sementara itu, di dalam dinamika tektoniknya, Lempeng Arab bergerak menekan Lempeng Anatolia ke arah barat laut, yang menyebabkan Lempeng Anatolia bergeser ke barat.

Baca Juga :   Hari Ini Wilayah Jakbar dan Jaksel Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir

“Fenomena ini lazim dikenal sebagai tectonic escape. Jadi wajar, jika Sesar Anatolia Timur dengan laju geser 16 mm/tahun ini mampu mengakumulasi tegangan kulit bumi dan rilis energi sebagai gempa dahsyat yang merusak (destructive) dan mematikan (deadly),” tegas BMKG. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO