Kemendagri Bahas Pelaksanaan Anggaran Prioritas 2023

JagatBisnis.comDirektorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Kick-off Meeting Pelaksanaan Anggaran Prioritas Ditjen Bina Adwil, di Bali, sejak Senin (2/1/2023) hingga Rabu (4/1/2023). Kegiatan tersebut membahas implementasi perencanaan dan penganggaran kegiatan tahun 2023.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Safrizal ZA menyampaikan, sejumlah arahan kepada jajarannya. Salah satunya mengenai catatan kinerja jajarannya pada 2022. Dengan capaian selama 2022, pihaknya harus pahami advantage (kelebihan) dan disadvantage (kekurangan).

“Perkuat advantage dan perbaiki disadvantage dengan kolaborasi, karena banyak yang perlu dilakukan secara bersama-sama,” katanya, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga :   Kemendagri Dorong Pemda Percepat Serah Terima BMN

Menurutnya, kolaborasi harus dilakukan tidak hanya di lingkup Kemendagri, tetapi juga lintas kementerian/lembaga yang bersinggungan dengan lingkup pekerjaan Ditjen Bina Adwil. Untuk itu, kinerja jajarannya patut diapresiasi karena berdasarkan Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dari Kementerian Keuangan per 27 Desember 2022, rata-rata kinerjanya mencapai 94,6.

Baca Juga :   Kemendagri Minta Daerah Segera Bentuk BRIDA

“Saya ingin mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Ditjen Bina Adwil yang realisasi anggarannya hingga hari ini mencapai 97,88 persen. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh jajarannya agar memperhatikan sejumlah isu penting pada 2023. Hal itu di antaranya mengenai ASEAN Smart Cities Network (ASCN), peran gubernur sebagai wakil pemerintah pusat (GWPP), ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat (Trantibumlinmas), serta isu kewilayahan,” paparnya. (*/eva)