Kemendagri Gelar Sosialisasi IKP 2024

JagatBisnis.com –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar sosialisasi terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Umum Serentak 2024. Langkah ini juga sebagai upaya untuk mengoptimalisasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan, baik pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan pemilu dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kemendagri Sri Handoko Taruna mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan sebagai upaya untuk menyampaikan ke publik IKP yang telah dirilis Bawaslu RI beberapa waktu lalu.

“Pemerintahan yang baik dihasilkan oleh kualitas kepemiluan yang baik. Sukses pelaksanaan Pemilu 2024 akan ditentukan oleh banyak faktor. Di antaranya, kesiapan penyelenggara pemilu, pemerintah dan pemerintah daerah, serta kesiapsiagaan dari seluruh stakeholder,” ungkapnya di Jakarta Selasa (27/12/2022).

Baca Juga :   Kemendagri Optimalisasikan Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor

Menurut dia, IKP ini perlu menjadi bahan, karena ini adalah hasil riset, hasil kajian ilmiah dengan metodologi yang sudah teruji. Apalagi, sudah dilakukan bertahun-tahun. Oleh karena itu, IKP menjadi sangat penting untuk memberi gambaran mengenai apa yang harus dilakukan oleh berbagai pihak terkait kerawanan Pemilu Serentak 2024.

Baca Juga :   Kemendagri Diminta Bubarkan Ormas yang Sering Berkelahi

“Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas pemilu, termasuk ekosistem. Jika, dalam ekosistem ditemukan adanya kerawanan-kerawanan maka perlu dilakukan pencegahan. Selain itu, peringatan-peringatan melalui sajian IKP yang dikeluarkan Bawaslu menjadi tugas bersama yang harus dicegah secara terukur melalui langkah-langkah konkret,” tutupnya. (*/eva)