Ada 400 Ribu File Berbahaya Tersebar Setiap Hari

JagatBisnis.com-Sistem deteksi Kaspersky menemukan rata-rata 400 ribu file berbahaya didistribusikan setiap hari selama 10 bulan terakhir di 2022. Angka tersebut naik 5 persen dibanding 2021. Sekitar 380 ribu file tersebut terdeteksi setiap hari pada tahun 2021. Secara total, sistem Kaspersky mendeteksi sekitar 122 juta file berbahaya pada tahun 2022, 6 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Kepala penelitian anti-malware di Kaspersky, Vladimir Kuskov menjelaskan, jenis ancaman tertentu juga meningkat. Misalnya, pakar Kaspersky menemukan peningkatan 181 persen untuk proporsi ransomware yang terdeteksi setiap hari. Peneliti Kaspersky juga menemukan bahwa pangsa ransomware yang ditemui setiap hari meningkat sebesar 181 persen dibanding 2021, mencapai 9.500 file enkripsi per hari.

“Di antara, ancaman lainnya, solusi keamanan Kaspersky juga mendeteksi pertumbuhan 142 persen Downloaders, program berbahaya yang menginstal versi baru malware atau aplikasi yang tidak diinginkan pada perangkat yang terinfeksi. Apalagi, Windows terus jadi target utama penyebaran ancaman. Bahkan, pada 2022, ditemukan rata-rata hampir 320 ribu file berbahaya menyerang perangkat Windows,” katanya dikutip Minggu (11/12/2022).

Baca Juga :   Awas Ancaman Virus saat Nonton Film Online

Dia mengungkapkan, dari semua penyebaran file berbahaya, 85 persen di antaranya menargetkan Windows. Namun, Windows bukan satu-satunya platform yang populer bagi penyerang. Tahun ini, sistem deteksinya juga menemukan pangsa file berbahaya dalam format Microsoft Office yang didistribusikan setiap hari tumbuh dua kali lipat (236 persen).

Baca Juga :   Survei: Karyawan TI Punya Kegiatan Lain di Waktu Luang

“Pada 2022, kami juga mengidentifikasi peningkatan 10 persen dalam pangsa file berbahaya yang menargetkan platform Android setiap hari. Jadi, selain file Windows dan Office, pengguna Android juga menjadi salah satu target favorit para penyerang online,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO