Aktivitas Masyarakat Sekitar Gunung Semeru Kembali Normal

Pengungsi Gunung Semeru Foto: Suara Surabaya

JagatBisnis.comKepala Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo mengatakan, pihaknya mengerahkan 3 tim SAR dalam operasi bencana erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Rencananya, tim SAR akan menyisir di sekitar gunung Sawur. Selain itu, mereka juga akan melanjutkan kembali penyisiran di daerah yang paling terdampak erupsi yaitu Kajar Kuning, Curah Kobokan, hingga Kamar Kajan, Kabupaten Lumajang.

“Pagi ini kita berkumpul dengan beberapa potensi dari binaan Basarnas. Dari Basarnas sendiri terjunkan 1 tim dari pos SAR Jember, kemudian 2 tim dari pos SAR Surabaya. Dan alhamdulillah di pagi ini kondisi sudah normal kembali, aktivitas masyarakat sudah normal,” kata Hari dalam keterangannya, Senin (5/12).

Baca Juga :   Warga yang Tinggal di Umbulan Minta Direlokasi

Dia menyampaikan bahwa beberapa pengungsi telah kembali pulang ke rumah karena kondisi dirasa telah aman.

Baca Juga :   39 Orang Meninggal Akibat Bencana Gunung Semeru

“Kemudian yang kemarin ada beberapa pengungsi di titik-titik yang sudah ditentukan pengungsian, hari ini sudah banyak yang kembali ke kediaman masing-masing,” ujarnya.

Hari berharap, erupsi gunung Semeru pada hari ini semakin membaik dan statusnya dapat turun.

Baca Juga :   Dipastikan BUMN Hadir Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru

“Dan mudah-mudahan mohon doanya semua masyarakat semoga kondisi semakin kondusif dan tidak ada lagi kondisi darurat yang membahayakan jiwa manusia,” ungkapnya.
Hingga kini, belum ada laporan terkait korban jiwa atau keluarga yang hilang. (tia)

MIXADVERT JASAPRO