BPH Migas Tegaskan Kualitas Pertalite Sudah Teruji dan Sesuai Ketentuan

JagatBisnis.com – Pascakenaikan harga pertalite, banyak masyarakat meragukan kualitas BBM bersubsidi tersebut. Mulai dari anggapan pertalite cepat habis dan lebih boros hingga kualitasnya yang dipertanyakan. Hal tersebut terus bergulir, bahkan hingga viral di dunia maya. Menanggapi hal itu, anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman menyatakan, kualitas dan spesifikasi BBM jenis RON 90 atau pertalite sudah teruji.

Baca Juga :   Beli Pertalite Pakai Aplikasi, Apa Boleh Main Ponsel di SPBU?

“Informasi turunnya kualitas pertalite yang beredar, dipastikan tidak benar. Kami dengan tegas membantah isu turunnya kualitas BBM subsidi itu. Apalagi, kami juga sudah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) perihal isu tersebut,” tegasnya di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Menurut dia, Pertamina sudah memiliki ketentuan dan tidak akan mengeluarkan produk yang menyimpang dari ketentuan. Karena tentang standar kualitas itu sudah diatur. Jadi, jenis BBM yang boleh beredar di Indonesia ada kriteria yang harus diikuti. Bahkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke Pertamina. Hasilnya, tidak ditemukan adanya perbedaan kualitas produk di kilang yang dulu dengan yang sekarang.

Baca Juga :   BPH Migas Lakukan Pengendalian Konsumsi Kuota BBM Subsidi

“Isu mengenai BBM yang lebih cepat habis juga sudah diklarifikasi dengan pengujian sesuai standar oleh Pertamina. Jadi, sudah dijawab Pertamina kualitas produk pertalite yang dijual setahun yang lalu, enam bulan yang lalu, hari ini, itu sama. Harus mengikuti standar spesifikasi yang ditentukan oleh pemerintah, dalam hal ini kementerian ESDM,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO