Berita  

Tahun 2025, Nilai Ekonomi Digital RI Ditargetkan Rp1.831 Triliun

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar. Bahkan, Indonesia berhasil meraih posisi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2021. Nilainya mencapai USD70 miliar atau sekitar Rp1.069 triliun. Nilai tersebut diharapkan terus meningkat menjadi Rp1.831 triliun dalam tiga tahun ke depan.

“Kami berharap angka tersebut dapat mencapai USD120 miliar pada 2025,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam B20 Talks: Fostering Agility to Combat Money Laundering and Economic Crime, secara virtual, di Jakarta, Rabu(28/9/2022), seperti dikutip Kamis (29/9/2022).

Menurut dia, dampak pandemi telah mendorong percepatan transformasi digital di dunia termasuk Indonesia. Selain itu, adopsi teknologi oleh masyarakat Indonesia juga semakin berkembang. Sebanyak 370 juta orang Indonesia terhubung dengan ponsel, dan angka ini 133 persen lebih banyak dari total populasi Indonesia. Di sisi lain, terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73 persen populasi Indonesia.

“Penetrasi internet, teknologi, dan percepatan digital yang terjadi ini juga membuat e-commerce dan fintech makin berkembang. Bahkan transaksi e-commerce Indonesia mencatatkan peningkatan 45 persen secara year-on-year (yoy),” terang Sri Mulyani.

Dia menambahkan, riset dari Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan nilai investasi ekonomi digital Indonesia selama kuartal I 2022 adalah sebesar USD4,7 miliar. Angka ini sudah melampaui nilai tertinggi dalam empat tahun terakhir.

“Data tersebut menunjukkan, ekonomi digital memiliki potensi tinggi untuk sumber pertumbuhan masa depan,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO