Berita  

Bandar Bravo Arena, Gelar Lomba Merpati Kolong Piala Menteri Koperasi dan UKM Berhadiah Ratusan Juta

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Bandar Bravo Arena, yang juga diketahui sebagai lapak merpati kolong yang baru diresmikan pada tanggal 4 September 2022 lalu, bakal menyelenggarakan kegiatan perlombaan merpati kolong.

Para peserta lomba difasilitasi oleh PT. Bandar Inspira Globalindo dan didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM itu, bakal memperebutkan Piala Menteri Koperasi dan UKM. Lalu total hadiah event perlombaan yang berlangsung dari tanggal 16-18 September 2022 itu mencapai Rp200 juta.

Rinciannya, juara I akan mendapatkan uang tunai Rp120 juta + joki Rp12 juta, juara II Rp40 juta +jokoki Rp4 juta, juara III Rp11 juta + jokoki Rp1,1 juta, dan juara 5-10 Rp1,5 juta +jokoki Rp150 ribu.

Baca Juga :   Indonesia Mencari Founders Siap Bantu 1 Juta Bisnis UMKM Naik Kelas

Direktur PT Bandar Inspira Globalindo, Angrondewi Intan Windarti mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mengenalkan kesenian merpati kolong ke jenjang lebih tinggi.

Dengan demikian, perlombaan ini tidak hanya berdampak baik bagi kesenian itu sendiri melainkan juga bagi masyarakat sekitar. Pasalnya bila terus berkembang maka bisa membuka lapangan pekerjaan baru yang berhubungan dengan eksistensi lapak-lapak burung merpati.

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya. Penyewaan lahan, kebutuhan tenda, listrik ditanggung oleh panitia penyelenggara. Jika berkenan untuk berpartisipasi hubungi 089520421663 panitia penyelenggara,” kata Intan, kepada wartawan, Jumat (15/9/2022).

Baca Juga :   Membangun Bisnis saat Krisis, Danone Indonesia Bersama Kampus Bisnis Umar Usman Siap Dampingi Masyarakat

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak semua pihak termasuk para pelaku UMKM untuk ikut berpartisipasi dalam event perlombaan tersebut. Ia bakal hadir menyaksikan perlombaan merpati kolong yang diketahui sebagai salah satu kesenian asli Indonesia tersebut.

“Para penghobi merpati kolong jangan lupa datang dan ikut lomba di Lapak Bandar Bravo Rumpin, Bogor. Saya juga akan hadir di sana. Sampai ketemu nanti,” ucap Teten.

Baca Juga :   Program PEN Bantu UMKM Maksimalkan Pasar Digital

Diketahui, burung merpati sudah sejak lama hidup dan berkembang di Indonesia. Bahkan dijadikan sebagai salah satu budaya kesenian, yakni perlombaan merpati yang dinikmati berbagai kalangan masyarakat.

Kesenian perlombaan merpati itu seperti balap merpati, merpati komprangan, dan merpati kolongan.

Dakan perlombaan ini, mengandalkan ketangkasan sang burung merpati ketika terbang dengan cepat. Namun,ketangkasan merpati tentunya tidak lepas dari peran seorang pelatih yang intens melatih dan merawat hewan yang bisa terbang itu dengan maksimal. (Bam)

MIXADVERT JASAPRO