PLN Percepat Pembangunan Proyek Tol Listrik Sumatera

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) tengah menyelesaikan pembangunan jaringan tol listrik di Sumatera. Hal itu dilakukan untuk memperkuat keandalan listrik yang menopang perekonomian di wilayah tersebut. Pembangunan jaringan tol listrik tersebut difokuskan untuk mempercepat pembangunan dua jaringan transmisi yang akan menjadi penguat tol listrik di Pulau Sumatera. Untuk mempercepat proyek tersebut, maka dibangun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Gumawang-Lampung 1.

Baca Juga :   PLN Beri Bantuan Penanaman Pohon Senilai Rp10 Juta di Desa Iluta Gorontalo

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan Muhammad Dahlan Djamaluddin mengatakan, pembangunan infrastruktur kelistrikan ini untuk mengantisipasi beban puncak Provinsi Lampung yang telah mencapai 1.200 megawatt (MW). Hal tersebut menunjang pertumbuhan sektor industri, pariwisata dan pengembangan listrik pedesaaan dengan kenaikan rata-rata 8 persen per tahun.

“Sangat penting untuk dapat menyukseskan pembangunan jaringan transmisi SUTET ini, karena dengan beroperasinya pembangkit dan jaringan transmisi penghubung jalur evakuasi daya ini, akan berdampak pada penghematan biaya pokok produksi sebesar Rp402,21 miliar per tahun,” katanya, Rabu (24/8/2022)

Baca Juga :   PLN Sediakan Listrik Andal untuk Sukseskan GPDRR

Dia menjelaskan, selain itu, SUTET 275 kV Lahat (Lumut Balai) – Gumawang dan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim juga tengah dipacu. Pembangunan dilakukan secara paralel dan simultan di mana konstruksi dan pengadaan tanah terus berlangsung melalui pendampingan dan dukungan dari seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga :   Kenaikan Tarif Listrik akan Disesuaikan

“Percepatan itu dilakukan salah satunya dengan pembahasan percepatan proses persetujuan penggunaan lahan PTPN VII Unit Beringin untuk pembangunan SUTET 275 kV Phi Incomer Muara Enim 1 dan 2 sebagai jalur transmisi pendukung back feeding dan evakuasi daya dari PLTU Sumsel 8,” tutupnya. (^/eva)

MIXADVERT JASAPRO