Jakarta Terapkan PTM Setiap Hari Mulai Senin 3 Januari 2022

JagatBisnis.com-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Senin (3/1/2022) akan penggelar pembelajaran tatap muka (PTM) Terbatas setiap hari dengan jumlah siswa setiap kelas mencapai 100 persen dari kapasitas. Kebijakan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

“Kami siap menggelar PTM terbatas setiap hari. Lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari. Protokol kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi seluruh warga sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana dalamn keterangan tertulis, Minggu (2/1/2022).

Dia menjelaskan, PTM terbatas dengan ketentuan terbaru boleh dilaksanakan dengan sejumlah ketentuan. Pertama, capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2 kepada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80 persen. Kedua, capaian vaksinasi Covid-19 dosis 2 kepada masyarakat lansia di atas 50 persen.

Baca Juga :   China Laporkan 140 Kasus COVID-19 Baru

“Meski diberikan izin untuk belajar tatap muka 100 persen, tapi untuk anak-anak yang masih belum diizinkan orangtua belajar di sekolah bisa tetap mendapatkan pelajaran dari rumah secara daring. Untuk itu, orang tua harus dapat memberikan keterangan kepada pihak sekolah. Sehingga anak-anak tetap mendapat hak penilaian.

Baca Juga :   Fenomena Aneh di Surabaya, Tanda Pandemi Tak Mungkin Hilang?

“Kami berharap para orang tua dan masyarakat umum bisa memberikan dukungan agar pelayanan PTM di sekolah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada,” tegasnya.

Baca Juga :   Puluhan Balita Terpapar Covid-19 di Depok

Untuk mencegah adanya kasus Covid-19 saat PTM, dia mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan yang akan melaksanakan pelacakan kasus secara aktif.

“Apabila warga sekolah terindikasi terpapar Covid-19, satuan pendidikan tersebut menghentikan sementara PTM terbatas selama lima hari pada rombongan belajar yang terdapat kasus Covid-19 dan pembelajaran dilaksanakan secara daring,” tutup Nahdian. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO