Sumbangan Vaksin dari Pemerintah Belanda Tiba di Indonesia

JagatBisnis.com –  Pemerintah Indonesia kembali menerima 680.400 dosis vaksin Moderna tahap ke-117, Rabu (10/11/2021). Vaksin dalam bentuk jadi itu merupakan donasi pemerintah Belanda.

“Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tinggi kepada negara sahabat yang telah ikut membantu dukungan vaksin,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, Rabu (10/11/2021).

Usman menjelaskan, dengan kedatangan tahap ke-117 ini, maka total jumlah vaksin yang tiba di tanah air mencapai 331.058.750 dosis vaksin. Jumlah ini merupakan vaksin dari berbagai merk, baik dalam bentuk jadi maupun bahan baku atau bulk. Vaksin tersebut diperoleh dari pembelian langsung dan bantuan dari negara sahabat.

Baca Juga :   Vaksin AstraZeneca Efektif Cegah Virus Baru B117

“Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah. Selain jaminan ketersediaan stok vaksin, upaya percepatan juga dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya terkait berita-berita tidak benar yang banyak beredar,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kapolres ke Siswa: Vaksin Tidak Sakit, Aman dan Halal

Dia menambahkan, di beberapa daerah, hoaks berperan memperlambat vaksinasi. Karena masyarakat dibuat takut dan khawatir terhadap efek vaksinasi, yang dilebih-lebihkan dan dibesar-besarkan. Padahal, pemerintah sudah menegaskan, semua vaksin Covid-19 yang digunakan, aman dan berkhasiat, sudah mendapatkan izin Badan POM.

Baca Juga :   Dua Menteri Jokowi Bakal Saksikan 100 Kiai NU Divaksin AstraZeneca

“Bahkan, pemerintah tak lupa mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Sejumlah daerah masih memiliki capaian vaksinasi yang belum sesuai target. Oleh karena itu, kami mendorong daerah-daerah terus melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi bagi warganya,” pungkas Usman. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO