Manfaat Ceri Hitam untuk Atasi Asam Urat dan Kolesterol

jagatBisnis.com – Tahukah kamu jika manfaat ceri hitam mampu atasi asam urat dan kolesterol yang tinggi, bahkan dengan cara enak dan menyenangkan. Sesuai dengan namanya, buah ceri ini berwarna gelap. Kulitnya yang merah tua hampir mendekati hitam ketika sudah matang.

Gambar buah ceri hitam
Gambar buah ceri hitam.

 

Pigmen ini berasal dari senyawa yang baik bagi kesehatan, yang dikenal sebagai antosianin. Ini sejenis antioksidan yang menurut penelitian dapat menangkis penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

Ceri yang rasanya manis, biasanya dimakan segar, tetapi juga tersedia dalam bentuk suplemen, termasuk konsentrat dan jus. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, ceri hitam dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh asam urat yang rasanya sangat menyakitkan.

Mantaaf Ceri Hitam Atasi Asam Urat dan Kolesterol

Dikutip dari Very Well Mind, manfaat ceri bagi kesehatan disebabkan oleh kandungan antosianin.

Mengingat konsentrasi senyawa bioaktif yang tinggi dalam ceri, tidak mengherankan bahwa konsumsi ceri meningkatkan kesehatan. Selain untuk mengatasi nyeri akibat asam urat dan juga kolesterol, ceri hitam bagus untuk menghilangkan radang sendi, penyakit kardiovaskular, diabetes dan kanker. Berikut ulasannya.

Peradangan

Satu studi kecil dari 2013 menemukan penurunan beberapa biomarker yang terkait dengan penyakit inflamasi. Ini meliputi penyakit jantung dan stroke, serta gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Penelitian ini diikuti oleh 18 pria dan wanita yang mengonsumsi dua cangkir ceri hitam manis selama sebulan.

Asam Urat

Studi paling awal mengenai manfaat kesehatan dari buah ceri dilakukan pada tahun 1950 pada pasien penderita asam urat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi ceri segar atau kalengan, dapat mencegah serangan artritis dan mengembalikan konsentrasi asam urat dalam darah.

Lebih lanjut, empat pasien dilaporkan bebas bergerak dan sembuh dari nyeri sendi di jari tangan dan kaki. Temuan ini dipublikasikan selama lebih dari lima dekade, sebelum penelitian manusia berikutnya mengenai ceri dan kesehatan dilakukan pada tahun 2003.

Dalam studi kecil itu, para peneliti menemukan penurunan kadar urat, garam yang berasal dari asam urat, pada 10 wanita yang mengonsumsi dua cangkir ceri hitam setelah berpuasa semalaman. Ketika tubuh tidak dapat memetabolisme asam urat dengan baik, urat dapat menumpuk di jaringan tubuh atau mengkristal di dalam persendian, berpotensi menyebabkan asam urat, serta diabetes dan batu ginjal.

Baru-baru ini, dalam sebuah studi tahun 2012 dengan 633 pasien asam urat, konsumsi ceri hitam segar atau ekstrak ceri selama dua hari, menurunkan risiko serangan asam urat 35 persen.

Pemulihan Otot

Nyeri otot akibat latihan, pegal, dan kelelahan secara signifikan berkurang dengan konsumsi ceri dalam delapan dari sembilan penelitian. Namun, semua penelitian ini dilakukan dengan produk ceri asam — bukan ceri manis — berkisar dari yang setara dengan 50 hingga 270 ceri sehari.

Karena ceri hitam mengandung senyawa aktif yang sama dengan ceri tart, diperkirakan ceri tersebut dapat menghasilkan manfaat yang sama, tetapi saat ini tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut.

Diabetes

Hasil dari studi manusia, hewan, dan kultur sel menunjukkan bahwa konsumsi ceri dapat meningkatkan cara tubuh menyerap dan mengatur gula darah. Namun, mereka menyerukan penelitian di masa depan untuk memastikan apakah temuan ini diterjemahkan ke dalam penurunan risiko diabetes.

Kolesterol Tinggi

Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan peningkatan kolesterol yang mengonsumsi jus ceri asam, turun drastis. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah ini benar atau tidak.

Tekanan Darah tinggi

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 13 orang dewasa muda dan lanjut usia, tekanan darah sistolik (SBP, angka teratas) dan tekanan darah diastolik (DBP, angka terbawah) secara signifikan diturunkan dalam waktu dua jam dengan dosis tunggal 300 mililiter (satu dan satu seperempat cangkir) jus ceri hitam diberikan.

Studi lain, di mana subjek lansia mengonsumsi 200 mililiter (sekitar satu cangkir) jus ceri hitam sehari, menunjukkan manfaat untuk SBP tetapi tidak untuk DBP. Demikian pula, dalam penelitian lain dengan orang dewasa yang sehat, dua cangkir ceri yang dikonsumsi setiap hari selama sebulan secara signifikan menurunkan konsentrasi vasokonstriktor poten, meskipun penurunan SBP tidak bermakna.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Baik kualitas dan kuantitas tidur meningkat setelah konsumsi ceri manis dan asam. Studi yang menggunakan ceri manis juga melaporkan penurunan kortisol, penanda stres, dan kecemasan, serta peningkatan mood.

Kemungkinan Efek Samping Ceri Hitam

Seperti banyak suplemen, efek samping dari jus dan konsentrat ceri hitam kurang dipahami. Mengkonsumsi jus ceri dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare, dan kalori serta gula dapat menjadi masalah bagi sebagian orang.

Selain itu, ceri mengandung sorbitol, yang dapat memperburuk gejala pada orang dengan kondisi seperti sindrom iritasi usus besar, pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan, atau malabsorpsi fruktosa.

Jika Anda hamil, menyusui, minum obat apa pun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum digunakan.

Jumlah Ceri Hitam yang Dikonsumsi

Tidak ada bukti klinis seberapa banyak ceri hitam yang harus dikonsumsi. Penting untuk dicatat bahwa, banyak penelitian yang menyarankan cukup makan dua cangkir ceri hitam sehari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button