Ekbis  

PLN Menyuplai Listrik Andal ke PT SMART Tbk, Mendukung Perekonomian dan Lingkungan

PLN Menyuplai Listrik Andal ke PT SMART Tbk, Mendukung Perekonomian dan Lingkungan. foto dok smart-tbk.com

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) berhasil menyuplai listrik sebesar 18,58 Megavolt Ampere (MVA) kepada PT Sinar Mas Agro Resources And Technology Tbk (SMART) yang berlokasi di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Melalui program akuisisi captive power, PT SMART Tbk beralih dari pembangkit listrik sendiri ke listrik PLN, mengamankan pasokan listrik yang lebih andal dan ramah lingkungan.

Dengan penyalaan tahap II program ini, PT SMART Tbk kini menjadi pelanggan tegangan menengah terbesar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, menggantikan kebutuhan dari pembangkit milik sendiri.

General Manager PT SMART Tbk unit Tarjun, Friso Adinata, mengapresiasi kerjasama dengan PLN dalam memberikan layanan listrik yang memadai. Ia meyakini bahwa penggunaan listrik PLN akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas pabrik mereka di Tarjun.

Baca Juga :   Wujudkan Sustainability Ambitions, Amatil Indonesia Bicara Energi Terbarukan

“Pabrik PT SMART Tbk di Tarjun akhirnya dapat menikmati suplai listrik dari PLN. Terima kasih atas kerja sama dan pelayanannya, kami percaya dengan menggunakan listrik PLN, selain lebih efisien, produksi kami juga akan terus meningkat,” ujar Friso Adinata.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen PLN dalam mendukung sektor industri dengan listrik yang andal dan terjangkau. Program akuisisi captive power merupakan bagian dari upaya PLN untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia sambil menekan emisi karbon menuju target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

Baca Juga :   Anak-Anak Dilarang Main Layangan di Dekat Jaringan Listrik

Muhammad Joharifin, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, menjelaskan bahwa suplai listrik tahap II ini merupakan lanjutan dari tahap I yang telah dilakukan pada Desember 2023 lalu. PLN juga berencana untuk meningkatkan kapasitas suplai menjadi 20 MVA setelah pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) dari Tarjun, Kalimantan Selatan ke Grogot, Kalimantan Timur selesai.

“PT SMART Tbk kini menjadi pelanggan Tegangan Menengah terbesar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. PLN mengapresiasi PT SMART Tbk atas kepercayaannya menggunakan listrik dari PLN,” tambah Joharifin.

Baca Juga :   Warga Diminta Waspada saat Beraktivitas di Dekat Jaringan Listrik

Langkah ini tidak hanya mendukung operasional perusahaan, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengurangi dampak dari pembangkit listrik mandiri. Ini juga mencerminkan komitmen PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional sambil menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dengan demikian, kerjasama antara PLN dan PT SMART Tbk diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi sektor industri dan masyarakat di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. (Hky)

MIXADVERT JASAPRO