Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Prabowo Dapat Ucapan Selamat dan Bahas Kolaborasi Industri Pertahanan

jagatbisnis.com – Presiden terpilih periode 2024-2029 sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan ucapan selamat atas kemenangan di Pemilu secara langsung dari Presiden Ukraina H.E. Volodymyr Zelenskyy. Momen ini terjadi saat keduanya bertemu di sela-sela forum pertahanan dunia, The IISS Shangri-La Dialogue, Singapura.

“Saya berterima kasih atas waktunya dan saya ingat panggilan telepon pertama saya dengan Bapak, dan saya ingin ucapkan selamat atas kemenangan Anda dalam pemilu,” kata Zelenskyy ke Prabowo sebagaimana keterangan pers yang diterima wartawan, Minggu (2/6/2024).

Prabowo pun menanggapi ucapan ini, ia mengapresiasi pertemuan ini dan berterimakasih atas kesediaan Zelenskyy untuk bertemu.

Baca Juga :   Penambahan Kementerian Perburuk Perilaku Korupsi dan Hamburkan Anggaran

“Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan,” ujar Prabowo.

Baca Juga :   Pengamat Pajak Menyikapi Pernyataan Prabowo Mengenai Tax Ratio Era Orde Baru

Selanjutnya keduanya membahas kerja sama pertahanan dan kedua pihak menginginkan adanya kolaborasi industri pertahanan melalui transfer teknologi. Prabowo menyatakan akan memperkuat komitmen Indonesia untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina.

Selanjutnya dalam pertemuan ini juga membahas tantangan keamanan global dan regional, kedua belah pihak menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah terjadinya sejumlah konflik dan ancaman terorisme. Kedua negara sepakat perlunya melakukan dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

Baca Juga :   Prabowo dan Jokowi Kompak Dukung Gibran Jadi Cawapres

Di akhir pertemuan keduanya sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan di Gaza dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik(Hfz)

MIXADVERT JASAPRO