Prabowo dan Jokowi Kompak Dukung Gibran Jadi Cawapres

Gibran Rakabuming Raka Foto: Kompas.id

JagatBisnis.com –  Calon presiden Prabowo Subianto dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kompak mendukung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang diusung Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo.

Prabowo mengatakan, ia telah meminta izin Jokowi terkait pencalonan Gibran sebagai cawapres. Jokowi pun memberi restu kepada Gibran untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Ya tentunya sebagai orang Indonesia yang adat budaya kita tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita,” kata Prabowo usai menghadiri acara peresmian RS Tingkat III Brawijaya, Surabaya, Minggu (22/10).

Baca Juga :   Jokowi akan Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu Pekan Depan

Menurut Prabowo, sikap Jokowi menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait cawapres itu ke putra sulungnya dan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Beliau (Jokowi) bilang terserah Pak Wali (Gibran) kan sudah dewasa kalau Pak Wali bersedia ya beliau pasti tidak menahan, kira-kira begitu,” lanjutnya.

Baca Juga :   ASEAN: Pusat Perdagangan Dunia, Jokowi Minta AS Berkomitmen pada Perdamaian

Jokowi sendiri juga menyampaikan dukungannya kepada Gibran. Sebagai orang tua, Jokowi hanya bisa mendoakan dan merestui langkah politik yang diambil Wali Kota Solo tersebut.

“Ya orang tuanya hanya tugasnya mendoakan dan merestui. Keputusan semua sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita,” ujar Jokowi usai menghadiri acara Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10).

Baca Juga :   Pasca Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Tidak Terkena Sanksi FIFA

Kemungkinan Gibran Jadi Cawapres Prabowo Meningkat

Dukungan dari Jokowi dan Prabowo ini semakin meningkatkan kemungkinan Gibran untuk menjadi cawapres Prabowo. Gibran sendiri belum memberikan jawaban pasti terkait pencalonannya tersebut.

Namun, jika Gibran menerima pinangan Prabowo, maka ia akan menjadi calon wakil presiden termuda dalam sejarah Indonesia. Gibran saat ini berusia 33 tahun. (tia)

MIXADVERT JASAPRO