Ekbis  

BNI Dorong UMKM Kopi Indonesia ke Pasar Amerika dengan Sukses

JagatBisnis.com, Jakarta – Dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI terhadap UMKM kopi Indonesia untuk meraih pasar global semakin terbukti efektif. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora sukses menghadirkan produk-produk UMKM kopi Indonesia dalam pameran kopi terbesar di Amerika Serikat, Specialty Coffee Expo 2024, yang berlangsung di Chicago dari 12 hingga 14 April 2024.

Corina Leyla Karnalies, Direktur Retail Banking BNI, menyatakan bahwa keikutsertaan BNI dalam acara ini merupakan wujud nyata dari semangat dan misi go global yang diusung oleh BNI.

Indonesia, sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, memiliki potensi besar untuk memperluas pasar ekspornya. Ragam kopi Nusantara dari Sabang hingga Merauke menjadi daya tarik tersendiri bagi Indonesia untuk menawarkan komoditas unggulannya ke pasar internasional.

Baca Juga :   Dorong Literasi dan Inklusi Asuransi, Ini Program Jitu BNI Life

“Kehadiran BNI di Specialty Coffee Expo 2024 adalah langkah strategis kami dalam mendukung UMKM kopi Indonesia menembus pasar Amerika,” ujar Corina.

Dalam pameran ini, BNI Xpora, inkubator UMKM BNI, membawa dua produk kopi specialty UMKM binaannya, yaitu Kopi Bajawa dan Kopi Lampung. Kedua produk ini telah melalui kurasi yang dilakukan melalui koordinasi dengan kantor Atase Perdagangan KBRI Washington DC dan Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI) untuk memastikan kualitasnya dan layak dipasarkan di Amerika.

Baca Juga :   BNI Hadirkan Gedung Baru di IKN Berkonsep Futuristik dan Ramah Lingkungan

“BNI Xpora berkomitmen untuk membantu UMKM kopi Indonesia dalam meningkatkan daya saing dan menembus pasar internasional. Keikutsertaan di Specialty Coffee Expo 2024 ini diharapkan dapat membuka peluang bagi UMKM kopi binaan kami untuk mendapatkan buyer baru dan meningkatkan volume transaksi ekspor,” tambah Corina.

Baca Juga :   BNI Komitmen Dukung Kesetaraan Penyandang Disabilitas

Specialty Coffee Expo 2024 merupakan pameran kopi terbesar di Amerika Utara dengan perkiraan 20.000 pengunjung, sebagian besar merupakan calon pembeli potensial. Acara ini menghadirkan berbagai workshop, lectures, penghargaan, kompetisi kopi, dan sesi tasting kopi.

“BNI optimis bahwa keikutsertaan di Specialty Coffee Expo 2024 ini dapat memberikan manfaat besar bagi UMKM kopi binaan BNI. Kami akan terus mendukung UMKM kopi Indonesia untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saingnya, sehingga dapat bersaing di pasar global,” pungkas Corina. (saf)

MIXADVERT JASAPRO