AHY Terpesona dengan Pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara, Soroti Mimpi Bersama untuk Kemajuan Bangsa

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Foto: Viva

JagatBisnis.comSetelah dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada Rabu, 21 Februari 2024, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menyampaikan pandangan yang berbeda terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pada Juli 2023, AHY pernah menyatakan keraguan terhadap pembangunan IKN karena kondisi ekonomi dan masyarakat yang belum stabil. Namun, ketika mengunjungi IKN pada Rabu, 28 Februari 2024, AHY menyatakan kekagumannya terhadap visi besar yang diusung oleh Presiden Jokowi dan seluruh masyarakat.

“Dengan kesan pertama, saya terpukau dengan apa yang menjadi mimpi besar Bapak Presiden Jokowi dan kita semua,” kata AHY dalam rekaman audio yang dibagikan oleh stafnya.

Baca Juga :   Usai Pertemuan AHY-Puan, Hubungan PDIP dan Demokrat Makin Cair

Menurut AHY, pembangunan IKN merupakan mimpi bersama untuk menciptakan pusat pemerintahan yang menjadi pusat kemajuan bangsa. Ia menekankan bahwa IKN diharapkan menjadi pusat peradaban nusantara yang akan memajukan ekonomi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Baca Juga :   Gibran Hari Ini Temui SBY-AHY di Cikeas

AHY juga menyampaikan apresiasi kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan para kontraktor atas kerja keras mereka dalam membangun IKN, yang dianggapnya sebagai sebuah mahakarya.

Meskipun demikian, AHY mengingatkan bahwa pembangunan IKN masih dalam tahap fokus pada kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), termasuk pembangunan istana presiden, gedung kementerian, dan perumahan untuk para menteri. Pembangunan fasilitas lainnya juga masih dalam proses.

Baca Juga :   Respons Demokrat Soal AHY Disebut Puan Jadi Salah Satu Calon Cawapres Ganjar

Sebagai anggota Partai Demokrat, AHY sebelumnya telah mengkritik pembangunan IKN yang dinilainya terlihat dipaksakan. Namun, dengan posisi barunya sebagai menteri, AHY menekankan bahwa pemerintah terus berupaya untuk menyelesaikan proyek tersebut dengan koordinasi yang baik.

Dalam konteks politik, pelantikan AHY sebagai Menteri ATR/BPN juga menjadi momentum kembalinya Partai Demokrat ke barisan pemerintah setelah hampir 10 tahun menjadi oposisi. (tia)

MIXADVERT JASAPRO