Benarkah Konsumsi Marshmallow Bisa Bantu Redakan Sakit Tenggorokan?

JagatBisnis.com Sakit tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang kerap datang saat perubahan cuaca ekstrim. Bahkan konsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat memicu munculnya penyakit lho.

Sakit tenggorokan juga bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas hingga menimbulkan demam. Belakangan ini terdapat sebuah influencer bernama Lindsay yang membagikan tips untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan, yaitu dengan mengkonsumsi marshmallow.

Melalui akun TikTok @linzyloo18, dirinya mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama enam minggu. Dia menjelaskan bahwa dokternya merekomendasikan untuk makan marshmallow jumbo sebelum tidur.

Baca Juga :   Puasa Nyaman Walaupun Punya Maag

Dokternya mengklaim bahwa gelatin dalam marshmallow dapat melapisi tenggorokannya lebih baik dibandingkan madu. Akar marshmallow menjadi ramuan yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengurangi peradangan dan mengobati sakit tenggorokan.

Tak cuma itu, akar marshmallow juga kerap digunakan sebagai suplemen herbal dalam teh, tincture, dan ekstrak. Akan tetapi, marshmallow yang lebih populer di pasaran bukanlah akar marshmallow yang asli, melainkan permen besar yang lembut dan terbuat dengan gelatin, bukan akar marshmallow.

Melansir Verywell, Sabtu (17/2/2024), Direktur Pencegahan Infeksi di Memorial Hermann Health System di Houston, Linda Yancey mengungkap belum ada penelitian yang mendukung anggapan bahwa makan marshmallow bisa menyembuhkan sakit tenggorokan.

Baca Juga :   Apakah Gigi Geraham Copot atau Dicabut Bisa Tumbuh Lagi? Ini Panjelasan Ahli

“Marshmallow dan gelatin sama sekali tidak berdampak pada meredakan sakit tenggorokan,” kata Linda Yancey.

Jika setelah makan marshmallow dan gelatin, Anda langsung merasa lebih baik dengan memakannya, hal ini bisa jadi karena efek plasebonya sangat kuat. Plasebo merupakan istilah medis yang merujuk kepada terapi dan perawatan menggunakan obat-obatan atau prosedur tindakan medis yang tidak menunjukkan efek samping atau bukti kegunaan yang dapat menyembuhkan pasien.

“Jika Anda memberi seseorang sesuatu untuk dilakukan dan Anda memberitahu mereka bahwa hal itu akan membuat mereka merasa lebih baik, banyak orang akan merasa lebih baik ketika mereka melakukannya,” tuturya.

Baca Juga :   Studi: Tidur Siang Dapat Membantu Fungsi Kognitif

Dibandingkan memakan marshmallow, Linda Yancey lebih menyarankan penderita sakit tenggorokan untuk rutin mengkonsumsi madu asli. Selain itu, minum teh hangat dengan madu dan berkumur dengan air garam bisa jadi cara alternatif untuk mengobatinya.

“Saat Anda menelan larutan itu, itu akan menarik sebagian cairan keluar dari selaput yang meradang dan mengurangi peradangan,” kata Linda Yancey. (tia)

MIXADVERT JASAPRO