Papua Siap Jadi Lumbung Gula Nasional! Bahlil Semringah Siapkan Food Estate Baru untuk Tebu

Bahlil Foto : Kumparan

JagatBisnis.com Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia optimis Papua akan menjadi lumbung gula nasional dengan pengembangan food estate baru untuk tanaman tebu. Senyum lebar terpancar dari wajahnya saat memaparkan rencana ambisius ini.

“Papua memiliki potensi luar biasa untuk pengembangan tebu. Lahannya luas, airnya berlimpah, dan sinar mataharinya cukup,” ujar Bahlil dalam keterangannya, Senin (5/2/2024).

Food estate tebu di Papua ini ditargetkan seluas 1 juta hektare. Pengembangannya akan dilakukan di beberapa daerah, seperti Merauke, Boven Digoel, dan Asmat.

Baca Juga :   BBM Naik, Harga Semen di Papua Melonjak Jadi Rp650 Ribu per Sak

Pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif untuk menarik investor, seperti pembebasan pajak dan kemudahan perizinan. Bahlil yakin, food estate tebu di Papua akan menarik minat investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca Juga :   Papua Diguncang Gempa 7,9 Magnitudo

“Ini adalah peluang besar bagi investor untuk berinvestasi di sektor pertanian. Potensinya sangat besar dan keuntungannya juga menjanjikan,” kata Bahlil.

Baca Juga :   Gibran Klaim Food Estate Gunung Mas Berhasil, Walhi: Tanam Singkong Panen Jagung

Pengembangan food estate tebu di Papua diharapkan dapat meningkatkan produksi gula nasional dan mengurangi ketergantungan impor. Selain itu, proyek ini juga diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. (tia)

MIXADVERT JASAPRO