Berita  

Menteri Luar Negeri Inggris Cameron Desak Gencatan Senjata di Gaza

David Cameron Foto NPR

JagatBisnis.comMenteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, memohon kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk segera mengakhiri konflik di Jalur Gaza dan mencapai gencatan senjata. Cameron menyoroti penderitaan tak tergambarkan di Gaza dan menekankan perlunya bantuan kemanusiaan yang mendesak.

Pada pertemuan dengan Netanyahu, Cameron menegaskan bahwa lebih banyak truk bantuan perlu masuk ke Gaza dan pintu perbatasan harus dibuka lebih luas. Dia menyatakan bahwa saatnya menghentikan pertempuran untuk memungkinkan bantuan masuk dan membebaskan para sandera.

Israel, dalam tawaran terbarunya, menawarkan gencatan senjata dua bulan jika semua sandera dibebaskan. Namun, Cameron menekankan perlunya mencari solusi gencatan senjata yang permanen dan berkesinambungan.

Baca Juga :   Inggris Akan Berlakukan Undang-undang Anti-BDS Jika Israel Bersikeras Lindungi Rejim Zionis

Cameron juga bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas, di Ramallah. Kepada Abbas, ia menekankan bahwa perdamaian jangka panjang hanya dapat terwujud jika Palestina dan Israel bisa hidup berdampingan melalui solusi dua negara.

Baca Juga :   AS Tidak Nilai Tindakan Israel di Gaza sebagai Genosida

Dalam konflik terbaru, Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza, menyebabkan korban jiwa dan luka-luka di kalangan warga Palestina. PBB mencatat bahwa 85 persen populasi Gaza menjadi pengungsi dengan infrastruktur yang rusak parah.

Baca Juga :   Inggris, Negara Pertama Pakai Obat Anti-Covid Buatan Merck

Sementara Israel menyebut serangan tersebut sebagai respons terhadap aksi lintas-perbatasan oleh Hamas, sejumlah sumber melaporkan bahwa serangan Israel juga menimbulkan korban di kalangan tentara dan warga sipil Palestina.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO