Berita  

Israel Putuskan Kirim Pajak untuk Gaza ke Norwegia, Bukan ke Otoritas Palestina

Itamar Ben-Gvir Foto Новости Израиля

JagatBisnis.com – Israel menyetujui rencana untuk mengalihkan pajak yang seharusnya diberikan kepada Gaza ke Norwegia, bukan ke Otoritas Palestina (PA). Pemerintah Israel telah membekukan pajak yang biasanya dikirim ke Gaza sejak November.

Sistem pengumpulan pajak yang diatur oleh Protokol Paris pada 1990an memungkinkan Israel untuk mengumpulkan pajak atas nama Palestina dan mentransfernya ke PA. Namun, setelah serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober, Israel menahan pembayaran kepada karyawan di Jalur Gaza dengan alasan potensi penyalahgunaan oleh Hamas.

Pendapatan pajak yang sebelumnya dialokasikan untuk PA di Gaza kini akan dikirimkan ke rekening perwalian di Norwegia. Meskipun uang tersebut tidak dapat langsung digunakan untuk membayar pekerja di Gaza tanpa izin Israel, ini menjadi langkah kontroversial yang menghindari transfer langsung ke PA.

Baca Juga :   Bahan Pokok Sembako Bakal Kena Pajak, Para Pedagang Protes

Israel telah lama mengendalikan pendapatan pajak Palestina, menciptakan ketidaksetaraan dalam pengumpulan pendapatan fiskal Palestina. Pemutusan dana ini memperumit situasi keuangan PA, yang sudah berutang miliaran dolar kepada bank lokal, rumah sakit, dan sektor swasta.

Baca Juga :   Pengadilan Tertinggi Italia Bebaskan Diego Maradona dari Tuduhan Penggelapan Pajak

(tia)

MIXADVERT JASAPRO