Kementerian PUPR: 39 Huntap Pasca Bencana di Kota Palu Siap Huni

JagatBisnis.comSebanyak 39 unit hunian tetap (Huntap) untuk masyarakat terdampak bencana telah selesai dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kelurahan Lere, Kota Palu. Huntap tersebut dibangun dengan desain panggung dan menggunakan teknologi rumah tahan gempa yakni Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) serta dilengkapi prasarana, sarana dan utilitas (PSU) sehingga masyarakat penerima tinggal masuk serta menempati rumah bantuan pemerintah tersebut bersama keluarganya.

Salah satu warga penerima Huntap, Hudaiyah (53 tahun) mengungkapkan rasa syukur dan bahagia karena bisa mendaptakan rumah baru. Dia menceritakan bahwa dirinya bersama keluarga dan masyarakat sekitar menjadi korban bencana alam dan rumahnya habis tersapu gelombang tsunami tahun 2018 silam.

Dia menambahkan bahwa dengan tinggal di Huntap Lere ini semakin memudahkan hidup karena lokasi pembangunnya tidak terlalu jauh dari pantai yang merupakan tempat mata pencaharian sang suami yang bekerja sebagai nelayan.

“Dibalik bencana yang sudah membuat kami kehilangan rumah dan sanak saudara, kami masih punya harapan untuk hidup bahagia. Alhamdulillah pemerintah betul-betul perhatikan kepada kami dan Kementerian PUPR sudah membangunkan kami rumah yang sangat bagus lengkap dengan fasilitasnya, ada lampu jalan, ada air, jalannya juga bagus, ada tamannya juga. Senang sekali, nyaman sekali kami bisa tinggal disini,” katanya saat ditemui di sela-sela kegiatannya, Selasa (15/1/2024).

Baca Juga :   Kementerian PUPR: 15 Perumahan Subsidi di Kalsel Terima Bantuan PSU

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyatakan, pembangunan Huntap ini merupakan wujud nyata bahwa negara benar-benar hadir untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana. Adanya pemanfaatan teknologi rumah tahan gempa RISHA juga menjadi upaya mitigasi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Menutur Iwan, kegiatan pembangunan Huntap dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Likuefaksi di Provinsi Sulawesi Tengah. Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan mendapat tugas untuk melaksanakan pembangunan Huntap bagi para Warga Terdampak Bencana (WTB) Sulawesi Tengah.

“Dengan selesainya pembangunan Huntap beserta PSU Kelurahan Lere maka Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi II Direktorat Jenderal perumahan Kementerian PUPR juga segera melakukan serah terima kunci dan proses penghunian kepada para WTB yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Palu dan berharap agar penerima bantuan dapat menjaga dan merawat Huntap Lere dengan melakukan penghijauan agar kawasan ini makin terlihat asri dan juga memberikan rasa nyaman bagi para warga penghuninya,” katanya.

Baca Juga :   Wapres Tinjau Lokasi Pembangunan Rusun Eks Pemulung dan Tunawisma di Bekasi

Kepala Balai P2P Sulawesi II, Bakhtiar didampingi Kepala Satker Penyediaan Perumahan Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira menerangkan, bangunan Huntap ini merupakan rumah tahan gempa yang dibangun menggunakan sistem knock down menggunakan panel RISHA. Selain itu, Huntap juga dibangun dengan desain khusus tipe hunian panggung.

Sebagai informasi, sebanyak 39 unit Huntap yang pendanaannya bersumber dari APBN dibangun oleh Balai P2P Sulawesi II dan selesai sesuai dengan target pada akhir Desember 2023. Sedangkan peruntukannya adalah untuk para warga yang menjadi korban bencana gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang terjadi di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala pada 28 September 2018 silam. Huntap Lere dilengkapi dengan sarana penunjang lainnya seperti jalan kompleks yang menggunakan paving block, Ruang Terbuka Hijau (RTH), lampu jalan atau penerangan jalan umum, bak sampah di tiap hunian, dan saluran air bersih.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Bangun Rusun Sekolah Tinggi Agama Hindu di Bali

“Kami juga telah melaksanakan serah terima kunci untuk proses penghunian bersama Pemkot Palu pada hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024 lalu. Pada kegiatan tersebut Walikota Palu juga hadir secara langsung melakukan serah terima kunci kepada warga penerima Huntap yang dilaksanakan di lokasi Huntap di Kelurahan Lere, Kota Palu,” terangnya.

Walikota Palu, Hadianto Rasyid menyatakan, Pemkot Palu sangat berterimakasih atas bantuan Huntap yang dibangun dengan baik oleh Kementerian PUPR. Selain itu adanya PSU yang baik membuat lingkungan Hunta tertata dengan baik, bersih dan rapi.

“Pembangunan Huntap ini adalah buah dari kesabaran kita semua dan kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan masyarakat Lere yang telah telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah daerah dan Kementerian PUPR PUPR untuk menyelesaikan pembangunan Huntap ini. Kami harap warga untuk memelihara kawasan Huntap Lere dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. (Rza)

MIXADVERT JASAPRO