LRT Jabodebek Semakin Diminati, Layani 4 Juta Lebih Penumpang Selama 4 Bulan

JagatBisnis.com –  LRT Jabodebek, moda transportasi baru di kawasan Jabodetabek, semakin diminati oleh masyarakat. Tercatat, LRT Jabodebek telah melayani 4.554.751 pengguna sepanjang tahun 2023, sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus lalu.

Angka tersebut menunjukkan bahwa rata-rata pengguna LRT Jabodebek mencapai lebih dari 36 ribu orang setiap harinya. Jumlah pengguna tertinggi terjadi pada September 2023, LRT Jabodebek melayani sebanyak 1.506.191 pengguna. Sementara rekor jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada 28 September 2023 dengan 88.051 pengguna.

“KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek selama tahun 2023. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut, dengan terus memaksimalkan layanan dan melakukan peningkatan di berbagai aspek pada tahun ini,” katanya melalui keterangan resmi, Senin (8/1).

Baca Juga :   Penumpang Keluhkan Tarif LRT Jabodebek

Sementara itu, dari sisi operasional sepanjang tahun 2023, LRT Jabodebek telah mengoperasikan 22.855 perjalanan dengan rata-rata persentase ketepatan waktu mencapai 98,90 persen. Headway atau waktu tunggu antar kereta pun dibuat semakin singkat. Pada awal beroperasi waktu tunggu antar kereta 10-20 menit. Sedangkan saat ini menjadi kisaran 7,5-15 menit.

Baca Juga :   Tarif Baru LRT Jabodebek Naik, Penumpang Pilih Motor

Mahendro menambahkan, saat ini KAI sedang fokus menjaga konsistensi dan keandalan operasional LRT Jabodebek, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat akan moda transportasi yang aman, tepat waktu, serta dapat diandalkan.

Meski begitu, kata dia, tentunya masih ada ruang untuk meningkatkan serta memaksimalkan sejumlah aspek di tahun 2024, mulai dari target rata-rata harian pengguna, jumlah perjalanan, maupun ketepatan waktu.

Pada tahun 2024, KAI menargetkan dapat melayani rata-rata 69 ribu pengguna setiap harinya. Sementara jumlah perjalanan maupun ketepatan waktu, KAI menargetkan dapat mengoperasikan 240 perjalanan setiap harinya, dengan persentase ketepatan waktu mencapai 99 persen.

Baca Juga :   Penumpang Ngamuk dan Siram Petugas KAI Diduga Belum Vaksin Booster

Dalam upaya menyediakan layanan kereta yang terjangkau, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, bersama Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, menandatangani Kontrak Subsidi Penyelenggaraan LRT Jabodebek tahun 2023 pada 7 Desember 2023.

Kementerian Perhubungan bersama KAI juga menghadirkan tarif promo untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi umum, khususnya LRT Jabodebek. Mulai dari tarif flat pada bulan Agustus-September, tarif promo minimal Rp 3.000 untuk jarak terdekat dan maksimal Rp 20.000 untuk jarak terjauh yang masih berlaku sampai saat ini, serta tarif maksimal Rp 10.000 yang berlaku pada hari Sabtu, Minggu, Libur Nasional, serta Weekday saat off peak hour.(tia)

MIXADVERT JASAPRO