Pertamina Temukan Cadangan Migas Baru di Blok Rokan, Menambah Pasokan Energi Nasional

Kapal Pertamina

JagatBisnis.com –  PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengumumkan penemuan potensi sumber daya dan cadangan baru minyak dan gas (migas) di lapangan yang sudah ada (existing) di Blok Rokan. Penemuan ini menambah optimisme pemerintah dalam menjaga kelangsungan pasokan energi nasional.

Menurut EVP Upstream Business PHR WK Rokan Edwil Suzandi, potensi sumber daya dan cadangan baru tersebut diperkirakan mencapai 350 juta barel minyak di formasi Telisa. Penemuan ini merupakan hasil dari evaluasi kembali seluruh aspek bawah permukaan (geologi, geofisika dan reservoir) di area yang sudah ada dengan mengoptimalkan data seismik dan log sumur terdahulu.

“Penerapan metode ini berhasil menambah portofolio penemuan tambahan sumber daya eksplorasi di tempat (in place) sekitar 350 juta barel minyak di formasi telisa,” kata Edwil dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis (28/12).

Baca Juga :   Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina, Ahok Tetap Komut

Edwil mengatakan, penemuan ini menunjukkan bahwa Blok Rokan masih memiliki sisa potensi eksplorasi yang signifikan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi pemerintah yang terus berupaya meningkatkan produksi migas nasional.

Baca Juga :   Kementerian BUMN dan Pertamina Lakukan Kunker dan MWT Bersama ke Terminal LPG Tanjung Sekong

“Penemuan ini telah memberikan dampak yang sangat positif terhadap target temuan sumber daya baru di Rokan,” kata Edwil.

Rencananya, sejumlah volume sumber daya baru tersebut akan segera diserahkan dari tim Eksplorasi PHR kepada tim Pengembangan PHR untuk dapat diproduksikan dalam rangka menambah produksi migas.

“Kami akan segera melakukan studi dan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan potensi dan kelayakan produksi dari sumber daya baru ini,” kata Edwil.

Baca Juga :   Kuota Pertalite Ditambah Jadi 29 Juta KL

Penemuan cadangan migas baru di Blok Rokan ini tentu menjadi angin segar bagi perekonomian nasional. Hal ini menunjukkan bahwa sektor migas masih menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Dengan adanya penemuan ini, diharapkan dapat meningkatkan produksi migas nasional dan menjaga kelangsungan pasokan energi nasional.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO