Pemerintah Dorong Akses Perumahan Layak dengan Alokasi APBN Rp1,89 Triliun untuk FLPP 2024

Perumahan Layak dengan Alokasi APBN Rp1,89 Triliun untuk FLPP 2024 Foto : Kumparan

JagatBisnis.com –  Pemerintah terus mendorong ketersediaan akses perumahan yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu upaya Pemerintah dalam mendukung keterjangkauan pemilikan rumah, khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yaitu Program Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).

Pada tahun anggaran 2024, pemerintah kembali mengalokasikan tambahan investasi kepada PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebesar Rp 1.891,0 miliar untuk program KPR FLPP bagi MBR. Dari dana tersebut diharapkan dapat mendorong kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi MBR serta meningkatkan pendapatan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja pada sektor-sektor terkait.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus mendorong akses perumahan yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya MBR,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. “Dana APBN yang dialokasikan untuk program KPR FLPP ini merupakan wujud kehadiran negara untuk membantu masyarakat berpendapat rendah agar dapat memiliki hunian yang layak.”

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menambahkan, “Alokasi APBN untuk KPR FLPP ini merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah untuk mengatasi backlog perumahan di Indonesia. Program ini telah terbukti efektif dalam membantu MBR memiliki rumah pertama mereka.”

Baca Juga :   Pemerintah Akan Evaluasi Penyaluran Subsidi LPG 3 kg Akibat Rantai Pasok yang Terlalu Panjang

Sejak diluncurkan pada tahun 2008, program KPR FLPP telah berhasil menyalurkan pembiayaan perumahan sebesar Rp 108,5 triliun atau setara dengan 1.289.748 unit rumah. Pada tahun 2023, program ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 22,46 triliun atau setara dengan 59.538 unit rumah.

Baca Juga :   Pemerintah Diminta Stabilkan Harga Sembako

Pemerintah berharap dengan alokasi APBN yang semakin besar untuk program KPR FLPP, maka akan semakin banyak MBR yang dapat memiliki rumah yang layak dan terjangkau. (tia)

MIXADVERT JASAPRO