Israel Geram Bolivia Putus Hubungan Diplomatik, Sebut Berpihak ke Hamas

Supoerter Timnas Israel Foto: CNBC Indonesia

JagatBisnis.com –  Israel mengecam keras keputusan Bolivia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan negara tersebut. Israel menuduh Bolivia telah bersekutu dengan kelompok teroris Hamas.

“Dengan mengambil langkah ini, Pemerintah Bolivia bersekutu dengan organisasi radikal Hamas,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Lior Haiat, seperti dikutip dari AFP.

Bolivia memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel pada Rabu (1/11). Keputusan itu diambil sebagai bentuk protes atas serangan Israel ke Gaza yang telah menewaskan lebih dari 8.000 orang, termasuk anak-anak dan perempuan.

Baca Juga :   Warga Palestina Pesimistis akan Pemerintahan Baru Israel

Israel mengatakan bahwa serangan mereka ke Gaza merupakan tindakan pertahanan diri. Israel menuduh Hamas telah menembakkan roket ke wilayah Israel.

Baca Juga :   Malaysia Tolak Tekanan Barat untuk Mengutuk Hamas, Pertahankan Hubungan dengan Palestina

Selain Bolivia, dua negara Amerika Selatan lainnya, Kolombia dan Chile, juga menarik duta besarnya dari Israel. Penarikan ini juga terkait dengan perang dan krisis kemanusiaan di Gaza.

Baca Juga :   Wilayah Jalur Gaza Terus Digempur Israel

Bukan kali ini saja Bolivia memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Pada 2009, Bolivia juga memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel sebagai bentuk protes atas serangan Israel ke Gaza.

Hubungan diplomatik antara Bolivia dan Israel kembali dipulihkan pada 2020.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO