Berita  

Indonesia Terus Tekan Majelis Umum PBB untuk Gelar Sidang Khusus Bahas Gaza

Mahmoud Abbas Foto IDX Channel

JagatBisnis.com  Wakil Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dubes Arrmanatha Natsir, menyatakan bahwa Indonesia terus mendorong Majelis Umum PBB untuk menggelar sidang khusus guna membahas serangan Israel di Gaza, Palestina.

Sejak konflik di Gaza meletus pada 7 Oktober 2023, Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong penghentian konflik di Gaza. Salah satu upaya tersebut adalah berbicara dengan Palestina dan Liga Arab untuk mendorong sidang khusus darurat di Majelis Umum PBB.

Meskipun upaya tersebut mendapat apresiasi, Dewan Keamanan PBB belum membuahkan upaya konkret untuk menghentikan konflik, karena perbedaan pendapat yang tajam di antara negara-negara anggota.

Baca Juga :   Membandingkan Harga Pangan RI Vs Negara ASEAN, Mana yang Lebih Murah?

Sebagai alternatif, Palestina dan Liga Arab telah memutuskan untuk mencoba melanjutkan pembahasan melalui sidang khusus di Majelis Umum PBB. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dengan dorongan dari Indonesia, juga setuju untuk membawa masalah yang tidak terselesaikan oleh Dewan Keamanan PBB ke Majelis Umum PBB melalui sidang khusus.

Baca Juga :   OKINO Segera Hadir di Indonesia

Pada 23 Oktober 2023, OKI dan Liga Arab, dengan dukungan dari Indonesia dan sembilan negara lainnya, mengajukan usulan agar Majelis Umum PBB mengadakan sidang khusus untuk membahas isu Gaza dan masalah Palestina.

Baca Juga :   Indonesia Minta Sudan untuk Menyelesaikan Masalah Secara Damai

Ketua Majelis Umum PBB juga mengindikasikan persetujuan terhadap usulan tersebut, dengan rencana melaksanakan sidang khusus pada Kamis, 26 Oktober 2023. (tia)

MIXADVERT JASAPRO