Eden Hazard Putuskan Pensiun dari Sepak Bola Usai Tinggalkan Real Madrid

Eden Hazard Foto Vivagoal.com

JagatBisnis.com Pemain sepak bola berbakat, Eden Hazard, secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada usia 32 tahun. Keputusan ini diambil setelah Real Madrid memutuskan untuk mendepaknya satu tahun sebelum kontraknya berakhir, dan Hazard juga tidak berhasil menemukan klub baru untuk melanjutkan kariernya.

Pengumuman pensiun tersebut datang dari Hazard sendiri melalui postingan di media sosial pribadinya pada Selasa, 10 Oktober 2023. Dalam postingannya, ia mengungkapkan, “Anda harus mendengarkan diri sendiri dan mengatakan berhenti pada waktu yang tepat. Setelah 16 tahun dan lebih dari 700 pertandingan dimainkan, saya memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepakbola profesional.”

Perjalanan Hazard di Santiago Bernabeu, stadion Real Madrid, tidak berjalan lancar. Pada musim pertamanya di klub tersebut, ia mengalami cedera yang cukup serius. Selama masa bermainnya di Madrid, pemain berkebangsaan Belgia ini hanya berhasil tampil dalam 74 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak tujuh gol. Meskipun demikian, Hazard berhasil memenangkan beberapa trofi, termasuk Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, satu Copa del Rey, dua gelar La Liga, dan dua Piala Super Spanyol.

Baca Juga :   Real Madrid Tak Kenal Kata Menyerah: Alphonso Davies dalam Jangkauan Mereka!

Namun, prestasi Hazard bersama Real Madrid jauh berbeda jika dibandingkan dengan masa-masa kejayaannya bersama Lille dan Chelsea. Di Lille, ia mencetak 50 gol dari 149 penampilan dan membantu klubnya meraih gelar Liga Prancis dan Coupe de France. Saat membela Chelsea, klub yang membantu membangun reputasinya, Hazard mencetak 110 gol dari 352 penampilan dan memenangkan dua gelar Liga Inggris, dua gelar Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga.

Baca Juga :   Tolak Madrid, Mbappe Dihujani Kritik

Selama karier internasionalnya, Hazard telah mengumpulkan 126 caps untuk timnas Belgia dan mencetak 33 gol sejak debut internasionalnya pada tahun 2008. Ia juga tampil di tiga Piala Dunia dan dua Kejuaraan Eropa, Euro. Dalam pesan perpisahannya, Hazard mengucapkan terima kasih kepada klub-klub yang pernah ia bela, termasuk LOSC, Chelsea, dan Real Madrid, serta kepada Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA) atas kesempatan bermain untuk timnas Belgia.

Baca Juga :   Main di Arab Saudi, Ronaldo Diimingi Gaji Rp22,6 Miliar Per Minggu

Hazard juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemarnya yang telah mendukungnya selama bertahun-tahun. Dia menutup pesan perpisahannya dengan, “Sekaranglah waktunya untuk menikmati orang yang saya cintai dan mendapatkan pengalaman baru. Sampai jumpa di luar lapangan segera, teman-teman.” (tia)

MIXADVERT JASAPRO