Berita  

Biden Janji Berikan Dukungan dan Bantuan Pertahanan untuk Israel

Presiden Amerika Serikat Joe Biden

JagatBisnis.com Presiden AS Joe Biden menjanjikan ‘dukungan kuat’ untuk Israel dalam menghadapi apa yang ia gambarkan sebagai ‘serangan teroris’ oleh kelompok militan Palestina Hamas.

Mengutip AFP, Minggu (8/10/2023), seorang pejabat senior administrasi AS mengatakan bahwa diskusi tingkat tinggi antara pejabat AS dan Israel tentang bantuan militer tengah berlangsung.

Biden menggambarkan serangan itu sebagai ‘tragedi yang mengerikan pada tingkat kemanusiaan’ dan mengatakan dia telah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menekankan dukungannya.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa Amerika Serikat mendukung rakyat Israel dalam menghadapi serangan teroris ini,” kata Biden dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih.

Baca Juga :   Biden Sambangi Polandia untuk Bahas Invasi Rusia

“Dalam pemerintahan saya, dukungan terhadap keamanan Israel sangat kuat dan tidak tergoyahkan,” tegasnya.

“Kami akan memastikan bahwa mereka mendapatkan bantuan yang dibutuhkan warganya dan mereka dapat terus membela diri,” tambah Biden.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menegaskan kembali komitmen Washington. Ia mengatakan ‘dalam beberapa hari mendatang Departemen Pertahanan akan bekerja untuk memastikan bahwa Israel memiliki apa yang dibutuhkannya’.

Baca Juga :   Rusia Siapkan Senjata Gempur Ekonomi AS

Ketika serangan-serangan tersebut mengancam akan memicu konflik yang lebih luas, Biden juga memperingatkan bahwa “ini bukan saatnya bagi pihak manapun yang bersikap bermusuhan terhadap Israel untuk memanfaatkan serangan ini untuk mencari keuntungan. Dunia sedang memperhatikan.”

Biden menekankan bahwa Israel yang telah mendapatkan pasokan senjata bernilai miliaran dolar dari AS– memiliki ‘hak untuk mempertahankan diri’ setelah Hamas yang didukung oleh Iran meluncurkan serangan udara, laut, dan darat.

Pejabat senior pemerintah, yang berbicara tanpa menyebut nama, menekankan bahwa ‘terlalu dini untuk mengatakan’ apakah Iran ‘terlibat langsung’ dalam serangan besar-besaran Hamas. Namun ia menambahkan bahwa tidak ada keraguan bahwa Hamas didanai, diperlengkapi dan dipersenjatai oleh Iran dan negara lain.

Baca Juga :   Presiden AS Turut Ucapkan Selamat Puasa

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas untuk ‘menyeru semua pemimpin di wilayah tersebut untuk mengutuk’ serangan terhadap Israel. Otoritas resmi Palestina sendiri memiliki kelompok militan yang memiliki gerakan serupa dengan Hamas, yaitu Fatah, yang berbasis di Tepi Barat. (tia)

MIXADVERT JASAPRO