Biden Sambangi Polandia untuk Bahas Invasi Rusia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden

JagatBisnis.com – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan berangkat ke Polandia pada Jumat (25/3/2022) mendatang untuk membahas tanggapan internasional terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, Biden mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Andrzej Duda, di Warsawa.

Melansir Reuters, lebih dari 2 juta pengungsi telah memasuki Polandia dari Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari 2022.

Perjalanan Biden ke Polandia akan dilakukan sehari setelah dia bertemu para sekutu di NATO, pemimpin G7 dan pemimpin Uni Eropa, di Brussels.

Baca Juga :   Rusia Hujani Ukraina dengan 100 Rudal, 2 Orang Tewas

Gedung Putih juga mengatakan Biden akan mengadakan percakapan via telepon Senin pukul 11.00 Waktu Standar Timur (22.00 WIB) dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan sekitar 3,2 juta orang telah mengungsi ke luar negeri dari Ukraina sejak bulan lalu. Peristiwa itu menjadi krisis pengungsi yang berkembang paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

Baca Juga :   Tahun Ini, Presiden Ukraina akan Berkunjung ke Indonesia

PBB mengatakan sebagian dari 2 juta orang yang memasuki Polandia dari Ukraina telah pindah ke negara lain di EU tetapi mayoritas diyakini masih di Polandia.

Biden akan menghadiri KTT darurat NATO di Ukraina serta pertemuan G7. Dia juga akan bergabung dengan KTT Dewan Eropa yang dijadwalkan untuk membahas Ukraina.

Baca Juga :   Joe Biden Akhiri Hubungan dengan Koalisi Pimpinan Arab Saudi

“Termasuk upaya transatlantik untuk membebankan biaya ekonomi pada Rusia, memberikan dukungan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak kekerasan, dan mengatasi tantangan lain yang terkait dengan konflik itu,” kata Gedung Putih.

Psaki mengatakan Biden tidak berencana mengunjungi Ukraina selama perjalanannya ke Eropa minggu ini. (pia)

MIXADVERT JASAPRO