Luhut Binsar Pandjaitan Sebut Ekonomi RI Ditarget Tembus 6 Persen di 2026

JagatBisnis.com –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia telah terjaga dengan baik, dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil berada di sekitar 5 persen dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, pemerintah memiliki target untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam sebuah seminar nasional kemaritiman, Luhut mengungkapkan, “Pertumbuhan ekonomi kita rata-rata 5 persen dalam beberapa tahun ini, dan kita berpikir atau berencana tahun 2026, 2027 kita akan mungkin bisa tumbuh 6 persen.”

Luhut juga menyoroti beberapa faktor yang dianggap krusial untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi 6 persen tersebut:

  1. Kompleksitas Ekonomi: Untuk mencapai target pertumbuhan tersebut, pemerintah perlu membuat ekonomi Indonesia lebih kompleks lagi. Hal ini mungkin melibatkan upaya untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi yang lebih beragam.
  2. Perkembangan Investasi: Investasi dari sektor swasta juga menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
  3. Digitalisasi UMKM: Luhut juga menyoroti pentingnya perkembangan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini dapat membantu UMKM untuk lebih efisien dan berdaya saing.
  4. Inovasi Teknologi: Inovasi teknologi yang pesat juga akan berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
  5. Pemberantasan Korupsi: Luhut menekankan pentingnya meminimalkan korupsi dalam upaya mencapai target pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.
Baca Juga :   Luhut akan Minta ke Presiden Agar Ekspor Gas Dilarang

Selain itu, Luhut mengatakan bahwa pencapaian target-target tersebut akan sangat bergantung pada generasi muda Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah akan terus memperluas kesempatan bagi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan di luar negeri. Program beasiswa seperti “Indonesia Maju” telah diperkenalkan untuk mendukung pendidikan dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Baca Juga :   Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

Luhut menyimpulkan, “Itu saya kira bisa kita dapat kalau kita semua kerja kompak, dan anda yang muda-muda belajar lah terus menimba ilmu. Pemerintah punya program juga untuk anda maju pada pusat pendidikan terkenal dunia. Beasiswa Indonesia Maju sudah ada dibuat itu, jadi dari S1 nanti bukan hanya S1-S3 saja tapi dari SMA.”

Baca Juga :   Ada Tugas di Luar Negeri, Luhut Batal Jadi Saksi Sidang Haris Azhar & Fatiah

(tia)

MIXADVERT JASAPRO