Luhut: Kita Lebih Takut Generasi Pendidikan Masa Depan Bodoh

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

JagatBisnis.com –   Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan takut dengan angkatan yang mengalami learning loss jika sekolah lalu ditutup dampak endemi Covid- 19. Luhut membenarkan, memang ada tantangan dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Tetapi, ia mengklaim tidak sangat takut karena pola penindakan sudah terdapat.

” Spesial masalah pembelajaran tadi, kita tidak melihat terdapat permasalahan yang tidak dapat dikendalikan. Aku duga sistem yang dibentuk Departemen Kesehatan dengan Departemen Dikbud, aku duga sudah paten dan sudah baik. Kalau terdapat tantangan di sana- sini yes, kita lebih khawatir dan ngeri lagi jika esok angkatan yang akan tiba jadi tidak berakal dan jadi bego,” tutur Luhut.

Luhut menambahkan, kodrat pembelajaran angkatan mendatang wajib jadi estimasi dalam awal sekolah. Beliau mengatakan, PTM memang memiliki resiko. Tetapi, akibatnya akan lebih besar jika sekolah tidak dibuka, karena dapat merusak angkatan ke depan.

Baca Juga :   Kabar Baik, Jumlah Beasiswa Pelajar RI ke Rusia Ditambah

” Jadi semacam dalam pembedahan tentara, senantiasa aku tuturkan calculated a risk. Apapun yang kita untuk ini merupakan calculated a risk. Pasti terdapat resikonya. Tetapi amat lebih besar resikonya jika sekolah ini tidak jalur. Itu akan merusak angkatan kita yang akan tiba,” ucapnya.

Baca Juga :   Luhut: Perjalanan Domestik Tak Perlu PCR atau Antigen

Senada dengan Luhut, Menteri Pembelajaran, Kultur, Studi dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim takut, jika anak didik akan kehabisan keahlian berlatih ataupun learning loss bila tak mengadakan PTM. Nadiem mengatakan penataran jarak jauh( PJJ) yang dilakukan selama endemi COVID- 19 tidak efisien.

” Apalagi di tingkatan SD dan PAUD di mana mereka sangat menginginkan PTM. Kalau jika saat ini tidak diduga akibatnya dapat permanen. Jadi ini ialah satu perihal yang lebih membingungkan lagi untuk kita merupakan seberapa lama kanak- kanak ini sudah kalian laksanakan PJJ yang jauh di dasar daya guna sekolah lihat wajah,” tutur Nadiem.

Baca Juga :   Gelar Kongres, Hari Ini Penentuan Luhut Binsar Panjaitan Jadi Ketum PB PASI

Nadiem menerangkan kalau penguasa tidak sangat takut hal tren permasalahan COVID- 19 yang timbul setelah mengadakan PTM. Nadiem, malah menyesalkan cuma 40 persen dari keseluruhan sekolah yang ditaksir dapat melakukan PTM.

Sebelumnya, sejumlah sekolah di wilayah melaporkan terjadi penjangkitan Covid- 19 saat PTM berjalan. Kemendikbud pula luang mengeluarkan informasi hal ribuan anak didik terjangkit Covid- 19, tetapi informasi itu dikoreksi karena diklaim tidak asi.(pia)

MIXADVERT JASAPRO