Pasien COVID-19 Tak Perlu Isolasi, Cukup Menggunakan Masker Menurut Ahli Kesehatan

covid-19 Foto: Okezone

JagatBisnis.com –  Sebuah perubahan dalam penanganan pasien COVID-19 telah diusulkan oleh Praktisi Kesehatan Masyarakat, Ngabila Salama, yang menyatakan bahwa pasien positif COVID-19 tidak perlu lagi melakukan isolasi mandiri. Menurutnya, langkah yang cukup efektif adalah menggunakan masker. Hal ini dikarenakan masa inkubasi virus yang relatif singkat.

Menurut peraturan saat ini, pasien positif COVID-19 diharuskan menjalani isolasi selama 10 hari tanpa perlu melakukan tes PCR. Namun, dengan usulan ini, durasi isolasi hanya akan berlangsung selama 3-5 hari jika pasien masih bergejala.

Ngabila menjelaskan bahwa masa inkubasi COVID-19, yaitu waktu yang dibutuhkan dari saat virus memasuki tubuh hingga munculnya gejala, biasanya berkisar antara 1-3 hari. Selain itu, gejala COVID-19 umumnya sembuh dalam rentang waktu 3-5 hari. Oleh karena itu, menurutnya, pasien positif COVID-19 tidak perlu melakukan isolasi yang panjang.

Baca Juga :   Isolasi COVID-19 di AS untuk Pasien Tanpa Gejala Dipotong Jadi 5 Hari

Namun, Ngabila tetap menekankan pentingnya mencegah penyebaran virus dan sakit. Ia menyarankan agar pasien menggunakan masker saat berinteraksi dengan orang yang sakit. Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya mengendalikan penyakit penyerta (komorbid) dengan pengobatan yang teratur dan menjalani vaksinasi lengkap (4 kali) untuk mereka yang berusia 18 tahun ke atas. Vaksinasi tersebut tersedia secara gratis dan memiliki manfaat yang signifikan dalam mencegah komplikasi atau bahkan kematian akibat COVID-19.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di DKI Makin Meningkat, Anies Tambah RS Rujukan jadi 140

Meskipun usulan ini mungkin mengejutkan, penting bagi masyarakat untuk tetap memperhatikan perkembangan terkini mengenai pandemi COVID-19 dan mengikuti pedoman dari otoritas kesehatan setempat.

Baca Juga :   China Gunakan Swab Anal Deteksi COVID-19 karena Dinilai Lebih Akurat

(tia)

MIXADVERT JASAPRO